Pemkab Balangan

Bupati Balangan Ikuti lomba Balogo di Bumi Sanggam

apahabar.com, PARINGIN – Sebanyak 72 tim se-Kalimantan Selatan meramaikan lomba Balogo di kabupaten yang berjuluk Bumi…

Featured-Image
Bupati Balangan, Abdul Hadi Ikuti lomba Balogo dalam rangka ulang tahun ke-19 Kabupaten Balangan. Foto: Kominfo for apahabar. com

bakabar.com, PARINGIN – Sebanyak 72 tim se-Kalimantan Selatan meramaikan lomba Balogo di kabupaten yang berjuluk Bumi Sanggam dalam rangka ulang tahun ke-19 Balangan.

Bupati Balangan Abdul Hadi turut mengikuti kegiatan tersebut di Paringin pada Sabtu (19/3).

“Mari selalu kita ingat bahwa permainan tradisional ini berasal dari kekayaan kebudayaan daerah, serta harus tetap menjadi khazanah kekayaan daerah,” kata Bupati Abdul Hadi.

Dia meminta kepada setiap elemen masyarakat, agar dapat ikut berperan serta mendukung yaitu dengan memperkenalkan permainan tradisional Balogo ini kepada para anak cucu mulai dari balita hingga remaja.

“Saya sebagai pimpinan daerah sangat mendukung upaya-upaya pelestarian permainan tradisional ini, sekaligus berharap adanya keselarasan antar pihak terkait agar saling mendukung,” ucapnya.

Sementara ketua panitia pelaksana kegiatan Yazid Fahri, mengungkapkan kegiatan ini pihaknya gelar dalam rangka menyambut ulang tahun ke-19 Kabupaten Balangan yang jatuh pada 8 April 2022 nanti.

Dia menyebutkan, dari 12 kabupaten dan 2 kota di Kalsel, ada 11 kabupaten dan satu kota yang masing-masing mengirimkan perwakilannya.

“Yang hadir sebanyak 72 tim, dari 72 tim tersebut hanya Kabupaten Kotabaru, Tanah Bumbu dan Kota Banjarbaru yang tidak hadir karena berhalangan,” sebutnya.

Menurut dia, tim Balangan sendiri sudah cukup dikenal oleh para peserta di Kalsel, karena kerap masuk dalam tiga besar pada lomba yang dilaksanakan.

“Untuk saingan terberat yakni Kabupaten Tanah Bumbu dan Kabupaten Hulu Sungai Selatan, karena memang tim dari kabupaten tersebut sering masuk dalam persaingan di tiga besar,” pungkasnya.

Komentar
Banner
Banner