Piala Dunia 2022

Bungkam Australia 2-1, Argentina Jumpa Belanda di Perempat Final

 Tim Nasional Argentina berhasil melangkah ke perempat final Piala Dunia 2022 setelah sukses membungkam Australia dengan skor tipis 2-1. 

Featured-Image
Taklukan Australia 2-1, Argentina jumpa Belanda di perempat final Piala Dunia 2022 (Foto: Twitter @BleacherReport)

bakabar.com, JAKARTA – Tim Nasional Argentina berhasil melangkah ke perempat final Piala Dunia 2022 setelah sukses membungkam Australia dengan skor tipis 2-1. 

Dua gol Tim Tango dicetak oleh Lionel Messi dan Julian Alvarez, sedangkan satu gol Australia ke gawang Argentina dicetak oleh gol bunuh diri Enzo Fernandez.

Di perempat final, Argentina akan jumpa Belanda, yang sebelumnya lebih dulu meraih kemenangan atas Amerika Serikat. 

Babak Pertama 

Bermain di Ahmed bin Ali Stadium, kedua tim bertekad meraih kemenangan guna meraih tiket ke perempat final Piala Dunia 2022.

Melawan tim favorit di ajang bergengsi empat tahunan ini, Australia justru sudah tertinggal 1-0 melalui gol semata wayang Lionel Messi.

Tampil dengan kepercayaan diri yang tinggi, Lionel Messi cs lantas mengepung barisan pertahanan Australia sejak wasit Szymon Marciniak meniup peluit babak pertama dimulai.

Menguasai 87 persen Ball Possession di sepuluh menit awal babak pertama, tim Tango masih belum mampu merobek gawang Australia.

Tim Tango baru membuka peluang pertama di menit ke-17 melalui sepakan keras Alejandro Gomez dari luar kotak penalti Australia. Namun tembakannya masih melambung tinggi di atas mistar gawang Mathew Ryan.

Socceroos julukan timnas Australia mencoba keluar dari tekanan anak asuh Lionel Scolani, mampu menembus lini pertahanan Argentina, Mathew Leckie mencoba melepaskan tembakan ke gawang Emiliano Martinez.

Namun tembakan pemain bernomor punggung tujuh itu masih mengenai pemain bertahanan Australia dan hanya menghasilkan sepak pojok untuk negeri kanguru.

Lionel Messi akhirnya berhasil memecah kebuntuan lebih dulu di menit ke-36. Memanfaatkan umpan datar Otamendi di dalam kotak penalti.

La Pulga tak berpikir panjang dan melepaskan tembakan keras yang tak mampu dihalau oleh kiper Australia sehingga bola meluncur deras ke gawang Mathew Ryan.

Messi yang memainkan laga ke-1000 sepanjang karir sepak bolanya berhasil membuat tim Tango unggul sementara 1-0 dari Australia.

Tertinggal dari Argentina, Socceroos mencoba menyamakan kedudukan. Namun, kuatnya tembok pertahanan Albiceleste masih belum mampu dibobol oleh anak asuh Graham Arnold.

Hingga waktu 45 menit babak pertama berakhir, gol tunggal Messi untuk sementara membuat Argentina memimpin 1-0 atas Australia di babak pertama.

Babak Kedua

Selepas keluar dari ruang ganti, Argentina lantas tak mengendurkan serangan mereka ke pasukan Graham Arnold.

Mampu mencetak gol di babak pertama, Messi kembali memimpin rekan-rekannya untuk dapat menciptakan gol tambahan di babak kedua.

Lima menit selang kick off babak kedua dimulai, La Pulga julukan Messi kembali menebar ancaman ke gawang Australia. Beruntung kali ini sepakan kaki kirinya masih berhasil ditangkap oleh Mathew Ryan.

Dua menit berselang, gawang Argentina nyaris bergetar. Beruntung, Emiliano Martinez dengan sigap keluar dari sarangnya dan membuang bola keluar lapangan.

Tim Tango kembali menggandakan keunggulan di menit ke-57 lewat gol yang diciptakan oleh Julian Alvarez.

Memanfaatkan kesalahan kiper Australia, Alvarez langsung menghukum Mathew Ryan dengan gol untuk keunggulan 2-0 tim Tango.

Messi lagi-lagi mengancam gawang Australia di menit ke-63. Melewati tiga pemain Australia dari tengah lapangan, Messi nyaris menggandakan golnya andai tak dihalangi oleh Matthew Leckie.

Lionel Scaloni melakukan penyegaran di menit ke-72, menarik keluar Julian Alvarez yang menciptakan gol kedua tim Tango digantikan oleh Lautaro Martinez untuk menambah daya gedor lini serang Albiceleste.

Australia akhirnya mampu memperkecil ketinggalan menjadi 2-1 di menit 77 setelah sepakan keras Craig Goodwin dari luar kotak penalti mengenai badan Enzo Fernandez hingga bola berbelok arah.

Socceroos nyaris menyamakan kedudukan di menit ke-81 melalui penetrasi Aziz Behich ke dalam kotak penalti Argentina sebelum akhirnya diblok oleh Lisandro Martinez dan hanya menghasilkan sepak pojok.

Tim Tango nyaris memperlebar keunggulannya di menit ke-88, meneriman umpan Messi di dalam kotak penalti, Lautaro Martinez mencoba melepaskan tembakan. Namun sayang, sepakannya masih melambung dari gawang Australia.

Memasuki masa injury time, Lautaro Martinez lagi-lagi gagal merobek gawang Mathew Ryan setelah sepakannya masih mampu dihalau oleh kiper Australia itu.

Tiga menit jelang waktu tambahan berakhir, tim Tango terus menerus menggempur gawang Australia. Beruntung Mathew Ryan mampu menghalau peluang Albiliceleste.

Skor 2-1 akhirnya menutup jalannya pertandingan untuk kemenangan Argentina atas Australia di babak 16 besar Piala Dunia 2022.

Editor


Komentar
Banner
Banner