LIFESTYLE

Bukan Cuma Indonesia, 4 Negara Ini Punya Tradisi Mudik Jelang Lebaran

Mudik sudah menjadi tradisi yang mendarah daging di Indonesia. Siapa sangka, rupanya tradisi serupa juga mengakar di berbagai belahan dunia

Featured-Image
Ilustrasi Mudik. Foto-net

bakabar.com, JAKARTA - Mudik sudah menjadi tradisi yang mendarah daging di Indonesia. Saban tahun, para perantau di ibu kota bakal kembali ke kampung halaman untuk berlebaran bersama keluarga di momen Idulfitri.

Siapa sangka, rupanya tradisi serupa juga mengakar di berbagai belahan dunia. Masyarakat di negara-negara tersebut kembali ke pelukan sanak saudaranya di tanah kelahiran pada momen tertentu.

Lantas, negara mana sajakah yang memiliki tradisi mudik? Serta, apakah kegiatan pulang kampung di sana sama seperti di Indonesia? Merangkum berbagai sumber, berikut ulasannya:

Malaysia

Tak berbeda jauh dengan Indonesia, Malaysia juga punya tradisi mudik setiap tahunnya menjelang Idulfitri. Hanya saja penyebutannya berbeda, di mana Negeri Jiran mengenal kegiatan ini sebagai “belakang kampung” atau “balik kampung.”

Masyarakat perantauan di negara tetangga melakukan tradisi balik kampung menggunakan berbagai moda transportasi, layaknya di Indonesia. Sebab itulah, kondisi jalanan menjelang lebaran di sana penuh kendaraan, pelabuhan pun dipadati jejeran kapal, dan sebagainya.

India

Meski penganut agama Islam di India terbilang minoritas, hal itu tak menyurutkan kemeriahan perayaan Idulfitri. Salah satu aktivitas yang tak luput dari momen tersebut ialah tradisi pulang kampung.

Pulang kampung dilakukan oleh para perantau yang bekerja atau belajar jauh dari tempat asal. Tradisi ini tak cuma terjadi menjelang Idulfitri, melainkan juga saat merayakan Festival of Lights alias Dilwali.

Perayaan tersebut sama meriahnya dengan momen Idulfitri di negara-negara Islam. Masyarakat India juga akan berbondong-bondong pulang ke kampung halamannya masing-masing.

Cina

Penganut Islam di Cina termasuk minoritas. Kendati begitu, tradisi mudik menjelang Idulfitri tetap melanggeng di negeri ini, utamanya di Xinjiang dan Yunnan, yang merupakan tempat tinggal mayoritas penduduk muslim.

Tradisi mudik di Cina tidak hanya berlangsung saat lebaran, melainkan juga pada perayaan tahun baru yang dikenal dengan Imlek. Perayaan tersebut di sana bahkan jauh lebih meriah ketimbang Hari Raya Idulfitri.

Turki

Tradisi mudik tidak hanya dikenal di wilayah negara-negara Asia, tetapi juga Eropa. Lebih tepatnya di Turki, penduduk muslim melakukan tradisi mudik sebagai rutinitas wajib yang dilakukan menjelang perayaan Idulfitri.

Para perantau di kota-kota besar Turki bakal disibukkan dengan rutinitas mudik. Di negeri ini pun, tradisi beli baju baru dan bersilaturahmi dengan teman beserta tetangga juga dilakukan.

Itulah empat negara yang juga memiliki tradisi mudik, layaknya Indonesia. Terlepas dari asal negara itu, Idulfitri memanglah momen yang tepat untuk berkumpul bersama sanak saudara.

Editor


Komentar
Banner
Banner