Kalsel

Buka HKSN 2019 di Kalsel, Wapres Bicara Intoleransi dan Ketimpangan Sosial

apahabar.com, BANJARBARU – Wakil Presiden Ma’ruf Amin berharap semangat Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) 2019 dapat…

Featured-Image
Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin membuka peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) 2019 di Kalsel, Jumat pagi.Ia tampak didampingi istrinya Wury Estu Handayani atau yang akrab disapa Wury Ma’ruf Amin. Tampak pula Acil Odah dan Paman Birin. Foto- Istimewa

bakabar.com, BANJARBARU – Wakil Presiden Ma’ruf Amin berharap semangat Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) 2019
dapat mengikis salah satu persoalan bangsa yaitu intoleransi.

Tahun ini, HKSN 2019 dihelat di Kalimantan Selatan. Tema HKSN: kesetiakawanan sosial menembus batas.

“Intoleransi yang marak muncul seperti sikap intoleran terhadap perbedaan baik agama, etnis, pendapat dan perbedaan politik yang berpotensi mengganggu kehidupan masyarakat,” jelas dia, dalam sambutannya.

Sikap intoleran, kata dia, dapat memecah belah bangsa. “Juga mengganggu kebersamaan masyarakat,” bebernya.

Selain itu, persoalan kedua yang sedang dialami bangsa ini, kata dia, adalah kesejahteraan sosial.

“Indonesia memang telah berhasil menurunkan tingkat kemiskinan pada 2019 tapi jumlah penduduk miskin masih besar sekitar 25 juta jiwa dan ketimpangan juga masih sangat tinggi,” lanjutnya.

Ma’ruf Amin berharap HKS 2019 dapat menjadi refleksi banyak pihak untuk membantu tugas pemerintah mengurangi kesenjangan itu.

“Semoga ini dapat menjadi stimulus gerakan peduli dan aksi sosial di masyarakat sehingga dapat menimbulkan kerekatan sosial demi meminimalisir ketimpangan sosial dan meningkatkan kedaulatan sosial,” ujar Wapres mengakhiri.

Sebelumnya, Ma’ruf Amin membuka langsung HKSN 2019 di Kalsel.

Pembukaan digelar di halaman kantor Sekretariat Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan, Jumat (20/12) pagi.

Meski sempat dikabarkan sakit, namun sang RI-2 ini nyatanya menyempatkan hadir beserta istrinya Wury Estu Handayani atau yang akrab disapa Wury Ma’ruf Amin dalam acara puncak HKSN 2019.

Dengan diiringi tepuk tangan para penonton yang sedari tadi menunggu kedatangannya, Ma’ruf Amin menaiki panggung dengan melambaikan senyuman ke arah penonton.

Diawali pantun, orang nomer dua di Indonesia itu pun membuka puncak peringatan HKSN 2019.

“Assalamualaikum, mendulang Intan di Bumi Sasirangan, berkah halalan tayyiban, ridha Allah selalu dimohonkan, semoga kawan berhati kesetiakawanan dan HKSN bisa perkuat persatuan nasional,” sepenggal lantunan pantunnya.

“Saya mengapresiasi terselenggaranya HKSN 2019 dengan tema kesetiakawanan sosial menembus batas. Semoga Allah meridhoi yang kita lakukan,” sambungnya.

Sambutan hangat masyarakat Kalsel membuatnya nyaman dan bersyukur HKSN 2019 dilaksankan di provinsi ini.

“Saya gembira dipilihnya provinsi ini sebagai tuan rumah HKSN 2019, saya juga berterima kasih atas sambutan hangat yang diberikan kepada saya sejak saya tiba di provinsi ini, presiden pun menyampaikan salam hangat untuk seluruh yang hadir,” ucapnya.

Baca Juga:Diisukan Sakit, Wapres Buka HKSN 2019 di Kalsel dengan Pantun "Intan"

Baca Juga: HKSN 2019 Paman Birin Tanam Pohon: Demi Anak Cucu

Reporter: Nurul Mufidah
Editor: Fariz Fadhillah



Komentar
Banner
Banner