Pemkab HSS

Buka Bimtek BPD, Pj Bupati HSS: Perkuat Sinergitas Membangun Desa

Pj Bupati Hermansyah membuka acara bimtek peningkatan kapasitas Badan Permusyawaratan Desa (BPD) pemerintahan desa se-Kabupaten HSS.

Featured-Image
Pj Bupati HSS Hermansyah memberikan sambutan bimtek BPD. Foto-Kominfo HSS

bakabar.com, KANDANGAN - Penjabat (Pj) Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Hermansyah membuka acara bimbingan teknis (bimtek) peningkatan kapasitas Badan Permusyawaratan Desa (BPD) pemerintahan desa se-Kabupaten HSS di Hotel Aria Barito Banjarmasin, Jumat ( 26/04).

Kegiatan tersebut juga dihadiri Kepala Dinas PMD HSS Susilo Adianto, narasumber dari Kementerian Desa, Dinas PMD Provinsi Kalsel, Praktisi Hukum dan IT Provinsi Kalsel, Camat se-HSS, dan Para Kepala Desa.

Kegiatan ini berasal dari unsur BPD, diutamakan bagi yang belum pernah mengikuti kegiatan pelatihan khususnya bagi wnggota BPD Pergantian Antar Waktu (PAW) dikarenakan berhenti karena mengundurkan diri ataupun meninggal dunia.

Pj Bupati HSS, Hermansyah mengatakan bahwa melalui Bimtek merupakan upaya untuk para anggota BPD agar menjadi mitra strategis dari Kepala Desa dan Perangkat Desa dalam pelaksanaan pemerintahan desa.

"Tentu harapannya ke depan, sinergitas antara BPD dan pemerintahan desa semakin erat sehingga masyarakat sejahtera dapat sama-sama kita wujudkan," kata Pj Hermansyah.

Pihaknya berpesan agar para anggota BPD dapat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan dengan sebaik-baiknya, memanfaatkan segala informasi yang diperoleh untuk meningkatkan kapasitas diri.

"Semua tentunya merupakan orang pilihan yang mengemban amanah dan telah dipercaya masyarakat untuk mewakili mereka. Sudah tentu harus dapat memberikan yang terbaik melalui peranan BPD yang optimal bagi pembangunan desa," ucapnya.

Kepala Dinas PMD HSS Susilo Adianto menyampaikan bahwa BPD lembaga yang melaksanakan fungsi pemerintahan yang anggotanya merupakan wakil dari penduduk desa berdasarkan keterwakilan wilayah dan ditetapkan secara demokratis.

"Kegiatan peningkatan kapasitas anggota BPD perlu untuk terus dilaksanakan. Tujuannya meningkatkan pengetahuan dan pemahaman, sinergi dan koordinasi antara Kepala Desa dan BPD dalam melaksanakan tugas dan peran masing-masing," pungkasnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner