Sport

Buang Banyak Peluang, Barito Putera Tersungkur di Manahan Solo

Memiliki cukup banyak peluang, Barito Putera justru harus mengakui keunggulan Persis Solo dalam lanjutan Liga 1 musim 2023/2024 di Stadion Manahan Solo, Sabtu (

Featured-Image
Momen Gustavo Tocantins mencetak gol ke gawang Persis Solo dalam pertandingan di Stadion Manahan, Solo, Sabtu (9/3) malam. Foto: Barito Putera Official

bakabar.com, SOLO - Memiliki cukup banyak peluang, Barito Putera justru harus mengakui keunggulan Persis Solo dalam lanjutan Liga 1 musim 2023/2024 di Stadion Manahan Solo, Sabtu (9/3) malam.

Persis lebih banyak menekan di menit-menit awal. Beberapa kali pergerakan Moussa Sidibe cukup merepotkan pertahanan Barito Putera.

Salah satu aksi Moussa Sidibe tercatat di menit 13. Pria kelahiran Mali ini membuat kiper Ega Rizky Pramana terbang untuk memblok bola.

Hanya semenit berselang, Persis Solo berhasil mencetak gol melalui tendangan penalti Alexis Messidoro.

Penalti tersebut disebabkan pelanggaran yang dilakukan Nazar Nurzaidin kepada Sho Yamamoto di ujung kanan kotak 16.

Berawal dari bola rebound di menit 23, Barito merespons keungggulan tuan rumah. Namun sepakan Mike Ott di depan gawang, masih dapat diblok kiper Gianluca Pandenuwu.

Lantas di menit 28, Barito Putera benar-benar mampu menyamakan kedudukan. Gol ini berawal dari kerja sama yang dijalin Eksel Runtukahu dengan Gustavo Tocantins.

Seusai bertukar umpan di kotak penalti, Tocantins sempat menahan bola sebentar, sebelum melepaskan sepakan akurat ke gawang.

Menjelang turun minum, Gianluca Pandenuwu membuat blunder yang nyaris merugikan Persis, ketika gagal mematahkan bola umpan lambung.

Baca Juga: Jadwal Persis Solo vs Barito Putera: Kedisiplinan Menjadi Kunci

Baca Juga: Drama 7 Gol, Barito Putera Tekuk Bali United

Renan Alves yang mendapatkan bola liar, langsung melepaskan sontekan. Namun gol tidak terjadi, karena Alexis Messidoro berada di posisi yang tepat untuk menyapu bola.

Tidak lama berselang, Ega Rizky kembali membuat penyelamatan penting dengan memblok tendangan jarak jauh Arkhan Kaka.

Selepas turun minum, Persis kembali menekan di menit-menit awal, terutama melalui flank. Akan tetapi mereka belum mendapatkan celah di pertahanan Barito.

Justru Barito yang memperoleh peluang emas di menit 62 melalui serangan balik. Rangkaian ini diakhiri Mike Ott dengan sepakan yang hanya menghasilkan sepak pojok.

Dari sepak pojok itu, Mike Ott mendapatkan bola liar di depan gawang, tetapi kembali gagal mengarahkan bola dengan tepat ke sasaran.

Kesialan Mike Ott berlanjut di menit 63. Menerima umpan silang Rizky Rizaldi Pora, sundulan pria berpaspor Filipina ini membentur tiang.

Sepakan Eksel Runtukahu yang menyambar bola rebound di tiang dekat, akhirnya mentah di tangan Gianluca Pandenuwu.

Kegagalan Barito menyelesaikan banyak peluang matang, harus dibayar dengan mahal di menit 67.

Penyebabnya umpan pendek Alexis Messidoro di kotak penalti, langsung disambar sepakan keras Althaf Alrizky menjadi gol.

Mike Ott kembali harus merutuki kegagalan di menit 71. Berdiri di tiang jauh untuk menyambut crossing Rizky Rizaldi Pora, sepakan Ott kembali diblok Gialuca Pandenuwu.

Akhirnya Mike Ott digantikan Bagus Kahfi di menit 77. Dalam waktu bersamaan, pelatih Rahmad Darmawan juga memasukkan Murilo Mendes untuk menggantikan Rizky Rizaldi Pora.

Kehadiran Murilo Mendes membuat Barito memiliki lebih banyak opsi serangan, terutama melalui umpan silang yang semakin sering dilepaskan.

Namun hingga pertandingan berakhir, Barito gagal mendapatkan gol penyama kedudukan. Kekalahan ini membuat mereka turun ke peringkat sepuluh klasemen sementara dengan 37 poin.

Editor
Komentar
Banner
Banner