Pemkot Banjarmasin

BSF 2023, Perkenalkan Kain Sasirangan ke Ratusan Pelajar di Banjarmasin

Tak hanya masyarakat umum, ratusan pelajar antusias mengikuti kegiatan menjelujur kain sasirangan massal dalam rangka Banjarmasin Sasirangan Festival (BSF) ke-7

Featured-Image
Ratusan pelajar menjelujur kain sasirangan di Siring Menara Pandang. Foto- Humas Pemkot Banjarmasin

bakabar.com, BANJARMASIN - Tak hanya masyarakat umum, ratusan pelajar antusias mengikuti kegiatan menjelujur kain sasirangan massal dalam rangka Banjarmasin Sasirangan Festival (BSF) ke-7 tahun 2023.

Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Banjarmasin pun turut membawa sekitar 525 siswa siswa dari 35 SMP se-Kota Banjarmasin.

Tentu saja ajang tersebut sekaligus menjadi sarana belajar dan mengajar terkait muatan lokal sasirangan bagi guru serta siswa.

Guru Kelas 9 SMPN 1 Banjarmasin, Titin Kurniati mengaku, disekolahnya pun para siswa juga mendapatkan ilmu tentang kerajinan kain sasirangan.

"Kita sudah ajarkan juga dengan anak didik kita di sekolah," ungkapnya disela kegiatan, Minggu (12/3/23).

Ia mengaku senang dengan antusias anak didiknya saat mengikuti kegiatan menjelujur sasirangan.

Bukan tanpa alasan, disekolah kata dia hanya memberikan pembelajaran teori terkait pembuatan sasirangan

"Tapi kalau disini anak diajarkan langsung, karena anak-anak bosen juga kalau cuma diajarlan teori seperti menggambar pola dikertas dari pelajaran seni budaya itu," katanya.

Titin pun berharap, dengan bekal atau ilmu yang diberikan dalam kegiatan tersebut, dapat menggugah semangat anak untuk terus melestarikan kain khas yang juga digunakan untuk pengobatan itu.

"Sebenarnya anak senang membuat ini. Dan bahkan ada juga ada anak yang ingin menjadi pengusaha sasirangan. Tentu juga lebih memperkenalkan sasirangan kepada anak," pungkasnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner