Sport

BRI Liga 1: PSS Sleman Tekuk Borneo FC, Irfan Jaya Bikin Brace

apahabar.com, SOLO – Brace yang dibukukan Irfan Jaya mengantar kemenangan PSS Sleman atas Borneo FC di…

Featured-Image
Selebrasi Irfan Jaya seusai mencetak gol pertama ke gawang Borneo FC di Stadion Manahan Solo. Foto: PSS Sleman Official

bakabar.com, SOLO – Brace yang dibukukan Irfan Jaya mengantar kemenangan PSS Sleman atas Borneo FC di Stadion Manahan Solo dalam lanjutan BRI Liga 1, Senin (1/11) sore.

Borneo sebenarnya mengawali pertandingan dengan penguasaan bola yang cukup baik. Namun PSS yang memiliki peluang bagus di menit 3.

Melalui serangan balik, Irfan Jaya memiliki ruang tembak di kotak penalti Borneo. Hanya sepakan gelandang Timnas Indonesia ini terlalu lemah dan mudah diamankan kiper Gianluca Pandenuwu.

Borneo memiliki momentum di menit 16 dalam kemelut di kotak penalti. Namun gol belum terjadi, karena sepakan Wawan Febriyanto dapat diblok.

Sejurus kemudian PSS kembali melancarkan serangan balik yang diotaki Irfan Jaya dan diakhiri crossing. Upaya ini juga gagal, karena sundulan Arsyad Yusgiantoro masih melenceng.

Memasuki menit 37, PSS nyaris mencetak gol lewat set piece tendangan sudut. Umpan Irham Milla dapat disundul Mario Maslac, tapi Gianluca Pandenuwu bereaksi cepat menepis bola.

Semenit sebelum turun minum, PSS berhasil memecah kebuntuan. Irfan Jaya menerima umpan Fitra Ridwan di luar kotak penalti, lalu melepas tendangan placing yang mengarah ke tiang jauh.

Selepas turun minum, Borneo membuka peluang melalui sundulan Francisco Torres yang menerima umpan Terens Puhiri. Namun bola masih dapat diamankan kiper Miswar Saputra.

Borneo sendiri relatif kesulitan menembus pertahanan PSS. Setiap kehilangan bola, pemain-pemain Super Elja langsung memenuhi depan kotak penalti.

Di sisi lain, aliran bola Borneo FC kerap tersendat. Pemain yang sudah menguasai bola di sepertiga akhir lawan, terpaksa menunggu back up rekan lain yang lain.

Keberuntungan akhirnya memihak Borneo di menit 57. Pesut Etam memperoleh hadiah penalti, setelah Artur Irawan mengganjal Wawan Febriyanto. Kans itu pun tak kesulitan diselesaikan Francisco Torres.

Namun skor imbang hanya bertahan sampai menit 62. Irfan Jaya kembali membawa PSS memimpin, setelah memanfaatkan blunder Rifad Marasabessy.

Bek bernomor punggung 74 itu awalnya hanya menahan bola crossing Artur Irawan di kotak penalti. Namun setelah bola menyentuh tanah, Irfan Jaya menyelinap dari belakang dan langsung melepas tendangan.

Sudah 6 gol dibukukan Irfan Jaya di BRI Liga 1. Pemain berusia 25 tahun ini hanya tertinggal sebiji gol dari dua pemuncak daftar skor Ezechiel Ndouasel dan Ilija Spasojevic.

Dalam posisi tertinggal, Borneo memasukkan Wahyudi Setiawan dan Marckho Merauje. Tak sampai 5 menit bermain, mereka langsung melepas sepakan spekulasi yang masih sedikit melambung.

Terens Puhiri juga belum dapat memanfaatkan peluang, setelah menerima umpan daerah Jonatan Bustos. Sepekan Terens dari sudut sempit, berhasil diblok Miswar Saputra.

8 menit terakhir waktu normal ketika Borneo mengurung PSS, pelatih Risto Vidakovic memainkan Boaz Solossa untuk menggantikan Francisco Torres.

Namun hingga pertandingan berakhir, skor tidak berubah. Kekalahan kedua beruntun ini membuat Borneo tak beranjak dari peringkat 14 klasemen sementara dengan 11.

Sedangkan PSS naik ke urutan 13 dengan keunggulan 1 poin atas Borneo. Kemenangan ini tampaknya sedikit mengurangi tekanan pelatih Dejan Antonic yang didesak mundur oleh suporter.



Komentar
Banner
Banner