Banjir Jakarta

BPBD DKI: 82 RT di Jakarta Terendam Banjir

Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang mengguyur Jakarta mengakibatkan banjir menggenang 82 RT di wilayah DKI Jakarta, Senin (27/2).

Featured-Image
Banjir menggenangi seluruh kawasan Tanah Rendah di Kebon Pala, Kelurahan Kampung Melayu, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur, Senin (27/2). apahabar.com/Andrey

bakabar.com, JAKARTA - Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang mengguyur Jakarta mengakibatkan banjir menggenang 82 RT di wilayah DKI Jakarta, Senin (27/2).

Berdasarkan data dari BMKG, tercatat hujan dengan intensitas sangat lebat terjadi di sekitar wilayah Sunter Hulu (105 mm), StaKlim Banten (105 mm), dan Pompa Arcadia (100 mm).

Sedangkan hujan dengan intensitas lebat atau setara dengan 50-100 mm/hari, terjadi di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya yang menyebabkan kenaikan status siaga Pintu Air Manggarai, Pintu Air Pasar Ikan, dan Pintu Air Karet menjadi Siaga 3 (Waspada), Pos Angke Hulu, dan Pos Sunter Hulu menjadi Siaga 2 (Siaga) serta genangan di wilayah DKI Jakarta.

Baca Juga: Status Tanggap Darurat! Lebih 10 Ribu Rumah Terendam Banjir di Banjar

Kepala Pusat Data dan Informasi (Kapusdatin) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta Muhammad Insaf menjelaskan, jika genangan yang sebelumnya terjadi di satu ruas jalan dan 48 RT, saat ini menjadi dua ruas jalan tergenang dan 82 RT atau 0,269 persen dari 30.470 RT yang ada di wilayah DKI Jakarta.

Insaf menjelaskan BPBD DKI Jakarta mengerahkan personel untuk memonitor kondisi genangan.

Baca Juga: Jadi Langganan Banjir, Warga Komplek Dosen IKIP Bekasi Tak Mau Dievakuasi

"Kita sudah monitor di setiap wilayah dan mengkoordinasikan unsur Dinas SDA, Dinas Bina Marga, Dinas Gulkarmat untuk melakukan penyedotan genangan dan memastikan tali-tali air berfungsi dengan baik bersama dengan para lurah dan camat setempat. Genangan ditargetkan untuk surut dalam waktu cepat," tuturnya.

Ia juga mengimbau kepada masyarakat agar tetap berhati-hati dan waspada terhadap potensi genangan. "Dalam keadaan darurat, segera hubungi nomor telepon 112. Layanan ini gratis dan beroperasi selama 24 jam non-stop," pungkasnya.

HALAMAN
12345
Editor
Komentar
Banner
Banner