Rumor IPhone 16

Bocoran Spek iPhone 16 Series yang Hadir 2024, Seri 15 Ketinggalan?

Iphone 15 baru mau meluncur di Indonesia, Apple kini kerjakan iPhone 16 series yang hadir tahun 2024 dengan membawa banyak pembaruan.

Featured-Image
Ilustrasi - iPhone 16 series bawa banyak pembaruan. (Foto: Macworld)

bakabar.com, JAKARTA - iPhone 15 series sudah bisa dipesan konsumen di Tanah Air di distributor resmi iBox dan Digimap mulai 20 Oktober lalu.

Setelah masa pemesanan, iPhone 15 series bisa dibeli secara langsung mulai 27 Oktober 2023 di distributor resmi tersebut.

Namun ketika kehadiran iPhone 15 series masih hangat-hangatnya, Apple justru sudah menyiapkan iPhone 16 series untuk tahun depan.

Dikutip Macrumors, Senin (23/10), iPhone 16 bakal membawa banyak perubahan dengan ukuran layar 6,27 inci untuk seri Pro dan 6,85 inci untuk seri Pro Max.

Baca Juga: Masalah iPhone 15 Pro Max Terbaru, Layarnya Terbakar sampai Berbayang

Apple juga tengah merancang chipset seri A terbaru 3 nanometer N3E untuk jajaran iPhone 16.

Chipset baru iPhone 16 dikabarkan Macrumors akan memiliki peningkatan pada efisiensi dan kinerjanya meski sejauh ini belum ada informasi detail.

Selain itu ada pembaruan di tombol volume kapasitif, tombol power, dan tombol aksi cepat  untuk iPhone 16 series.

Untuk lebih lengkapnya, yuk simak beberapa pembaruan iPhone 16 series:

1. Perubahan Ukuran

Tabel ukuran iPhone 16 - bakabar.com
Perbandingan ukuran iPhone 16 dan iPhone 15. (Foto: Macrumors)

Seperti yang disebutkan sebelumnya, iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max diprediksi akan memiliki ukuran layar yang lebih besar menurut berbagai sumber terpercaya.

iPhone 16 Pro akan memiliki layar berukuran 6,27 inci (dibulatkan menjadi 6,3 inci) sedangkan iPhone 16 Pro Max akan disertai layar 6,85 inci (dibulatkan jadi 6,9 inci).

Baca Juga: Nokia Magic Max 2023 5G, Ponsel Viral Spek Gahar Mirip iPhone

Dengan ukuran layar yang membesar, maka dimensi bodi iPhone 16 juga akan bertambah dan lebih lebar dari iPhone 15 Pro.

Namun ketebalannya akan tetap sama, bobotnya juga sedikit bertambah.

Sementara iPhone 16 dan 16 Plus kabarnya tak memiliki perubahan ukuran dari generasi sebelumnya.

2. Tampilan Layar Baru

Panel layar iPhone 16 berjenis OLED nantinya menggunakan teknologi lensa mikro untuk meningkatkan kecerahan dan mengurangi konsumsi daya baterai.

Susunan lensa mikro atau Micro Lens Array (MLA) menggunakan pola seragam dengan miliaran lensa di dalam panel layar untuk mengurangi pantulan cahaya internal.

Jadi, cahaya yang dipantulkan dapat meningkatkan kecerahan layar tanpa perlu meningkatkan konsumsi daya baterai.

Baca Juga: Perbandingan Harga iPhone 15 dengan iPhone 14, Termurah Rp13 Jutaan

3. Varian Baru iPhone 16 Ultra

iPhone 16 series akan memiliki varian teratas yang disebut Ultra dan akan dijual bersamaan dengan varian lainnya mulai dari iPhone 16, iPhone 16 Plus, iPhone 16 Pro hingga Pro Max.

Kemungkinan iPhone 16 Ultra akan menawarkan peningkatan kamera tambahan, layar lebih besar, dan desain lebih futuristik.

4. Tombol Haptik

Apple awalnya ingin memperkenalkan tombol volume, daya, dan mute solid-state yang akan menggantikan tombol fisik.

Namun karena adanya 'masalah teknis yang belum terselesaikan', fitur tersebut tak jadi dibenamkan di iPhone 15 Pro dan Pro Max.

Mark Gurman dari Bloomberg melaporkan bahwa kemungkinan Apple akan menggunakan tombol solid-state tersebut untuk iPhone 16 Pro.

Baca Juga: Ragam Promo DFSK Oktober 2023, Beli SUV Berhadiah iPhone 15 Pro Max

Perlu diketahui, cara kerja tombol solid-state sama seperti tombol fisik namun pengguna tak perlu benar-benar menekannya karena perangkatnya bekerja dengan sentuhan yang akan direspon dengan getaran haptik.

Apple sudah menggunakan teknologi solid-state untuk Touch ID tombol Home di iPhone SE dan trackpad  MacBook Pro dan MacBook Air.

5. Tombol Aksi

iPhone 16 hingga 16 Pro dilengkapi tombol Aksi Cepat atau Quick Action yang berbeda dari tombol standar pada tahun 2024 mendatang.

6. Tombol Ekstra Kapasitif

iPhone 16 kabarnya sedang dikerjakan dengan tombol kapasitif ekstra yang secara internal dikenal sebagai "Tombol Capture".

Posisinya terletak di sisi yang sama dengan tombol Power.

Baca Juga: Top 3 Tekno: Kolaborasi G-Shock, Samsung S23 FE, dan PO iPhone 15

7. Chipset Seri A Baru

iPhone 16 dan iPhone 16 Plus diperkirakan akan menggunakan chip A17 yang berbeda dengan chip A17 Pro iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max.

Namun analis Jeff Pu yakin, Apple akan menggunakan penamaan chipset A18 dan A18 Pro untuk semua model iPhone 16.

8. Chip Jaringan 5G

iPhone 16 Pro dapat dilengkapi dengan modem Qualcomm Snapdragon X75 yang memungkinkan konektivitas 5G yang lebih cepat dan efisien.

Menurut Qualcomm, X75 menawarkan agregasi operator yang lebih baik dan menggunakan daya baterai yang 20 persen lebih irit.

Baca Juga: iPhone 14 Rajai Klasemen Ponsel Terlaris Dunia, Samsung Bagaimana?

Qualcomm X75 disertai dengan peningkatan teknologi AI dan mesin. Sehingga Apple dapat memasarkan model iPhone 16 Pro dengan konektivitas "5G Advanced".

Sementara iPhone 16 dikabarkan tetap mengusung chip Qualcomm X70 yang sudah dipakai di iPhone 15.

9. Kamera iPhone 16 Series

iPhone 16 Pro dapat dilengkapi lensa ultra wide 48 megapiksel yang ditingkatkan demi menghasilkan gambar lebih baik dalam kondisi pencahayaan rendah.

Sementara Kamera 48 megapiksel yang nantinya ada di iPhone 16 Pro Max dilaporkan akan menampilkan lensa hybrid delapan bagian dengan dua elemen kaca dan enam elemen plastik, serta peningkatan pada lensa kamera telefoto dan ultra wide.

Ilustrasi Kamera iPhone 16 (foto: Macrumors)
Ilustrasi Kamera iPhone 16 (foto: Macrumors)

Baca Juga: Asus Zenfone 10, Ponsel yang Punya Fitur Snapdragon Elite Gaming

Selain itu, iPhone 16 Pro Max kabarnya akan membawa kamera super periskop telefoto dengan zoom optik yang meningkat.

Kemampuan telefoto super biasanya dapat menjangkau objek foto dengan jarak yang cukup jauh layaknya lensa kamera 77 mm hingga 300 mm.

Selain pembaruan di atas, iPhone 16 akan dilengkapi konektivitas wifi versi 7, baterai lebih besar dengan fast charging hingga 40 watt, dan soket USB-C.

Menurut macrumors, iPhone 16 series bakal dirilis mulai September 2024.

Sejauh ini harga iPhone 16 series belum dapat diperkirakan.

Editor
Komentar
Banner
Banner