Kalsel

Blak-blakan, Duta Mall Banjarmasin Bicara Soal Rekomendasi Operasional Bioskop XXI

apahabar.com, BANJARMASIN – Pengelola Duta Mall Banjarmasin akhirnya angkat bicara perihal informasi yang beredar mengenai operasional…

Featured-Image
Bioskop Duta Mall Banjarmasin sempat dibuka dalam rangka uji coba, namun kembali ditutup. Foto-apahabar.com/Dok

bakabar.com, BANJARMASIN – Pengelola Duta Mall Banjarmasin akhirnya angkat bicara perihal informasi yang beredar mengenai operasional Bioskop XXI.

Bioskop XXI di lantai 5 Duta Mall Banjarmasin itu sempat beroperasi Jumat lalu (2/10). Pembukaan Bioskop XXI hanya sebatas uji coba dan telah ditutup kembali hingga sekarang.

Manajer Operasional Duta Mall Banjarmasin Yenny Purwanti mengatakan beberapa alasan tak mengoperasional Bioskop XXI.

Ketika berkoordinasi dengan Tim Gugus Tugas Covid-19, Duta Mall dan Biskop XXI diminta menahan diri, sembari menunggu 52 kelurahan di kota Banjarmasin berstatus zona hijau.

Sempat Buka, Bioskop XXI Duta Mall Banjarmasin Kembali Ditutup

"Menunggu arahan selanjutnya, tapi kami telah mendapatkan rekomandasi dari Gugus Tugas," ucap Yenny bicara prihal operasional Bioskop XXI sempat dibuka.

Lantas, pada hari Bioskop XXI Duta Mall Banjarmasin dibuka, padahal hanya sebatas uji coba itu, terdapat 4 film yang ditayangkan, kendati harus mengeluarkan biaya besar.

Namun tegas Yenni, pembiayaan diserahkan kepada rumah produksi film. "Jadi itu tolong dipertimbangan kembali, jangan sampai investor merasa dirugikan," timpal Yenny.

Yenny menjelaskan, untuk membeli film kategori box office saja, invester harus menerogoh kocek dalam. Sementara, antusias penonton belum tentu tinggi untuk menonton di Bioskop XXI Duta Mall Banjarmasin.

"XXI mau mereview, apakah ketentuan yang dilakukan Tim Gugus bisa menutupi biaya produksi. Kalau pun tidak menutupi, ada kemungkinan mereka tutup sendiri tanpa harus disuruh tutup," imbuh Yenny.

Terkait hal ini, Yenny menekankan bukan tujuan pihak Duta Mall dan Bioskop XXI mencari untung di tengah keadaan sekarang.

Sebaliknya, supaya Bioskop XXI bisa beroperasi dan mempekerjaan karyawan mereka kembali, dan pasti dengan protokol kesehatan ketat sesuai aturan berlaku. "Itu sudah tujuan utama kami," kata Yenny.

Duta Mall, lanjut Yenny terus komitmen dalam menaati protokol kesehatan dimasa pandemi Covid-19, sekaligus turut membantu roda perekonomian di daerah kembali berputar.

Tak hanya Duta Mall, lanjut Yenni, sebenarnya seluruh pusat pembelanjaan di Tanah Air sedang beradaptasi dengan kondisi sekarang.

Dan terbukti, kata Yenny, dibeberapa kabupaten/kota, Bioskop XXI kembali berupaya beroperasi menanyangkan film dengan protokol kesehatan ketat.

Khusus di Banjarmasin, diharap menjadi barometer daerah lain.

Pasalnya, Yenni menerangkan bahwa penerapan protokol kesehatan Covid-19 di Duta Mall sempat diancungi jempol dan dukungan oleh pemerintah daerah.

Kini, pengunjung yang datang ke DM bahkan sudah terbiasa dengan protokol kesehatan mencegah penularan virus Corona.

"Ternyata DM itu, disaat yang lain tutup kita malah buka dengan protokol yang baik dan diawasi ketat Tim Gugus Tugas," kata Yenny.

Disisi lain, DM dan XXI telah mengantongi surat rekomandasi dari Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat.

Dengan catatan wajib memenuhi seluruh persyaratan yang berlaku. Di antaranya menjaga jarak antara penonton dan mengurangi jumlah pengunjung sampai 50 persen.

Bahka ketika uji coba lalu, Bioskop XXI Duta Mall Banjarmasin hanya membuka 5 studio dari total keseluruhan.

"Pertimbangan kami tidak ingin menjadi penumpukan orang di sana," pungkas Yenny.

Komentar
Banner
Banner