Pemkab HSS

Bikin Macet, PKL Pasar Kandangan Ditata Ulang

apahabar.com, KANDANGAN – Petugas Satpol PP bersama Dinas Perdagangan Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) menata pedagang…

Featured-Image
Sosialisasi penertiban PKL di Pasar Kandangan, HSS.Foto-Istimewa

bakabar.com, KANDANGAN – Petugas Satpol PP bersama Dinas Perdagangan Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) menata pedagang kaki lima atau PKL yang berjualan di Pasar Kandangan, Selasa (21/12).

Lapak PKL tersebut dinilai berjualan melebihi batas yang telah ditentukan petugas Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pasar Kandangan sehingga menimbulkan kemacetan.

Kepala UPTD Pengelolaan Pasar Kandangan Dinas Perdagangan HSS Bahrani mengatakan pihaknya menggandeng petugas Satpol PP guna melaksanakan sosialisasi kepada para pedagang.

Lokasi seputaran Pasar Kandangan yang membuat kemacetan itu terletak di Jalan Kalimati yakni Pertokoan Kalibaru hingga PKL Sutoyo.

“Sudah tiga kali kami lakukan sosialisasi, harapannya pedagang bisa mematuhi sebelum ada penindakan,” ujarnya.

UPTD Pengelolaan Pasar Kandangan melaksanakan penataan berdasarkan laporan para pembeli yang susah melintasi kawasan itu.

“Kita berikan sosialisasi sambil menegur penataannya agar menempatkan dagangan tidak menggangu arus lalulintas,” kata Bahrani.

Dia menjelaskan pedagang tidak diperkenankan berjualan melebihi batas yang sudah ditentukan seperti melewati trotoar atau melebihi aspal jalan.

Kebanyakan PKL yang melanggar datang dari Pasar Rakyat Terpadu yang sudah berjualan sejak subuh kemudian siangnya melanjutkan berdagang ke Pasar Kandangan.

“Pedagang lama dan sebagian dari situ, banyak PKL yang baru atau belum terdata,” jelasnya.

Selain kemacetan karena lapak pedagang, ternyata penataan parkir di sana juga kurang rapi.

Menurut Bahrani, penataan parkir Pasar Kandangan diserahkan kepada pihak ketiga.

“Kami sudah menyampaikan agar pelaksanaan parkir bisa rapi dan tertata,” tuturnya.

UPTD Pengelolaan Pasar Kandangan menyarankan supaya pihak terkait membuat garis parkir bagi para pengunjung.

Dengan demikian, baik pedagang maupun pembeli yang memarkirkan kendaraan lebih nyaman lantaran kesan rapi dan bersih.

Terpisah, Kepala Satpol PP dan Damkar HSS Iwan Friady melalui PPNS Erwin berharap pedagang terdata maupun yang belum supaya bisa menyesuaikan di lokasi yang sudah disediakan.

“Kami menyampaikan akan dilaksanakan penertiban PKL yang berada pada bahu jalan seputar Pasar Kandangan,” ungkapnya.

Selain itu, Satpol PP dan Damkar HSS juga mengajak pedagang maupun pengunjung pasar untuk ikut vaksinasi pada (23/12) mendatang, lokasinya di Bak Beras Pasar Kandangan.

Komentar
Banner
Banner