Kalsel

Besok, Mobil Gunner PMI Semprotkan Disinfektan di Tanah Laut

apahabar.com, BANJARMASIN – Dua unit Mobil Gunner untuk penyemprotan disinfektan Palang Merah Indonesia (PMI) tiba di…

Featured-Image
Ketua PMI Kalsel Gusti Iskandar Sukma Alamsyah berpose dengan latar mobil gunner. Foto-Istimewa

bakabar.com, BANJARMASIN - Dua unit Mobil Gunner untuk penyemprotan disinfektan Palang Merah Indonesia (PMI) tiba di Kalimantan Selatan, Sabtu (20/6) tadi.

Mobil ini besok Selasa (23/6) siap dioperasikan di Kabupaten Tanah Laut. "Rabu (besok) menggunakan mobil ini akan memulai penyemprotan serentak di Kabupaten Tanah Laut. Yang paling siapkan di sana (Tanah Laut), dari desa sampai kabupaten," kata Ketua PMI Kalsel, Gusti Iskandar Sukma Alamsyah, Senin (22/6) sore.

Sengaja memilih Bumi Tuntung Pandang Tanah Laut menjadi lokasi perdana pengoperasian Mobil Gunner, sebab di waktu yang bersamaan daerah itu sudah siap melakukan penyemprotan disinfektan serentak.

Selain itu, Tala juga sudah menyiapkan rute untuk penyemprotan disinfektan dengan menggunakan Mobil Gunner. “Karena mobil ini besar, rutenya tidak bisa sporadik seperti itu. Rutenya harus tersusun,” ungkap Iskandar.

Kabupaten Tala dipilih, sebab salah satu daerah juga episentrum Covid-19 di Kalsel.

Untuk pengoperasian, masing-masing Mobil Gunner membawa 4.000 liter campuran disinfektan. Setiap mobil juga akan diiringi satu truk tangki tambahan.

“Jadi satu kali operasi, ada empat truk yang dikerahkan. Dua Mobil Gunner, dua truk cadangan,” ujarnya.

Selain itu, Gusti Iskandar juga ingin menghitung berapa biaya yang dihabiskan dalam sekali pengoperasian. Setiap mobil akan dioperasikan tiga orang, supir, operator Gunner dan satu orang membantu.

Setelah menyemprot Tala, dua mobil itu akan ditarik ke Banjarmasin, dan menyemprot wilayah penyebaran Covid-19, termasuk kawasan Kelurahan Pekapuran.

Editor: Syarif



Komentar
Banner
Banner