Hot Borneo

Bertema Ayat Al-Qur'an, Tari Kolosal Buka MTQN Tingkat Provinsi Kalsel 2023

Tarian kolosal dengan tema ayat Alquran resmi membuka gelaran Musabaqah Tilawatil Quran Nasional (MTQN) tingkat Provinsi Kalsel di lapangan Murjani, Banjarbaru,

Featured-Image
Tarian kolosal pembuka MTQN Tingkat Pronisi Kalsel di Banjarbaru, Jumat (21/7) malam. Foto: apahabar.com/Hasan

bakabar.com, BANJARBARU - Tarian kolosal bertema ayat Al-Qur'an resmi membuka gelaran Musabaqah Tilawatil Quran Nasional (MTQN) Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan di Lapangan Murjani, Banjarbaru, Jumat (21/7).

Tarian kolosal tersebut mengakat tema Iqra yang merupakan ayat pertama, ketoka Al-Qur'an yang diturunkan.

Meski berbentuk koreografi yang memiliki karakteristik gerakan lincah dan dinamis, tarian tersebut sarat nuansa religius. Juga digunakan beberapa properti seperti bendera dan payung ubur-ubur.

Tarian tersebut juga bersandar kepada gerak tari tradisional Banjar yang dikolaborasikan dengan rudat, hadrah, dan sufi dengan iringan musik orkestra etnik.

Teribat kurang lebih seratus orang penari dari berbagai macam latar belakang seperti siswa SD, SMP, SMA, mahasiswa, sanggar tari, dan sebagian masyarakat umum.

Dalam pembukaan tersebut, juga dihadiri ribuan peserta dari 13 kabupaten dan kota. Selanjutnya secara resmi, MTQN Tingkat Provinsi Kalsel dibuka Gubernur Sahbirin Noor.

"Kami berterima kasih kepada semua pihak yang berpartisipasi menyukseskan MTQN Tingkat Provinsi Kalsel, serta berharap semua rangkaian kegiatan berlangsung sukses, lancar dan membawa keberkahan," papar Sahbirin.

"Mudah-mudahan pula pelayanan yang disediakan panitia pelaksana dapat memenuhi keinginan dan sesuai harapan semua pihak," pungkasnya.

Editor
Komentar
Banner
Banner