Kalsel

Bersih-bersih Sampah, Noormiliyani Pungut Sampah di Sungai

apahabar.com, MARABAHAN – Berusaha langsung memberi contoh, Bupati Barito Kuala, Hj Noormiliyani AS, langsung turun ke…

Featured-Image
Bupati Barito Kuala, Hj Noormiliyani AS mengangkat rumpun ilung dari Sungai Barito dalam momentum Hari Lingkungan Hidup, Jumat (30/8). Foto-Istimewa

bakabar.com, MARABAHAN – Berusaha langsung memberi contoh, Bupati Barito Kuala, Hj Noormiliyani AS, langsung turun ke Sungai Barito untuk memungut sampah plastik.

Aksi tersebut dilakukan bertepatan dengan Hari Lingkungan Hidup yang baru dilaksanakan di Batola, Jumat (30/8). Menggunakan kelotok, Noormiliyani turun ke Sungai Barito bersama Wakil Bupati Rahmadian Noor.

Agar dapat dicontoh warga, Noormiliyani memungut sampah plastik di dekat dermaga penyeberangan di Babahan. Kemudian menyeberang ke dermaga penyeberangan di Lepasan.

Selain yang terlihat jelas mengapung di sungai, sampah plastik di antara rumpun ilung juga dipungut menggunakan tangguk dan dimasukkan ke kelotok.

“Batola sudah memiliki peraturan penanggulangan sampah. Dalam SK Nomor 56 Tahun 2018, Batola berusaha mengurangi sampah 30 persen dan penangangan sampah 70 persen sampai 2025,” tegas Noormiliyani.

Ditargetkan hingga 2025, Batola dapat mengurangi sampah plastik sebanyak 3 hingga 4 ton per hari.

“Untuk mencapai target itu, juga dibuat Perbub Nomor 68 Tahun 2018 dan Instruksi Bupati Nomor 3 Tahun 2018 tentang pengurangan sampah plastik,” papar Noormiliyani.

Selain turun langsung, motivasi lain yang diberikan kepada masyarakat adalah lomba kebersihan. Dari kategori pemukiman dan gang, Gang Anggrek di Jalan AES Nasution dinobatkan sebagai pemenang.

Kemudian Desa Karang Bunga di Kecamatan Mandastana, menjuarai kategori kecamatan. Sementara Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura menjadi SKPD terbersih.

Baca Juga: Sinergi Pasukan Kuning dengan TNI Polri, Jalan Gerilya Banjarmasin pun Kinclong

Baca Juga: Tingkatkan Kualitas Pendidikan, Lapas Banjarmasin Gandeng STIH Sultan Adam

Reporter: Bastian Alkaf
Editor: Syarif



Komentar
Banner
Banner