Natal Di Vatikan

Berkunjung ke Vatikan, Negara Terkecil di Dunia

Setiap negara punya tradisi tersendiri dalam merayakan Natal. Begitu pun dengan Vatikan, negara terkecil di dunia yang jadi pusatnya umat Katolik.

Featured-Image
Vatikan sebagai negara terkecil di dunia yang menjadi pusat peribadatan umat Katolik. Foto: Dok. Kompas.

bakabar.com, JAKARTA - Setiap negara punya tradisi tersendiri dalam merayakan Natal. Begitu pun dengan Vatikan, negara terkecil di dunia yang jadi pusatnya umat Katolik.

Negara yang hanya seluas 44 hektar itu terkenal sebagai kediaman Paus Gereja Katolik. Meskipun nuansa religius begitu kental, siapa sangka, Vatikan justru punya tingkat kriminalitas tinggi. 

Negeri yang berdaulat sejak 1929 itu merupakan 'surga' bagi para pencopet, mengingat banyak turis berdatangan ke sana. Usut punya usut, tingginya angka kriminalitas ini dikarenakan Vatikan tak punya 'hukuman penjara jangka panjang.'

Terlepas dari hal tersebut, tak dapat dipelak, Vatikan memang kaya akan bangunan berarsitektur megah. Ada banyak situs wisata religi, budaya, dan sejarah yang jadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Lantas, situs apa sajakah itu? Merangkum berbagai sumber, berikut ulasannya:

Situs Religi nan Sakral

Situs religi yang tak pernah sepi peziarah, utamanya umat Katolik, adalah St. Peter's Basilica. Gereja ini diyakini sebagai tempat persemayaman Santo Petrus.

Gereja berdesain megah itu juga menjadi pusat perayaan Natal di Vatikan setiap tahunnya.

Selain itu, situs religi yang tak kalah ramai ialah Sistine Chapel. Bangunan bata yang terkenal dengan lukisan di langit-langitnya ini adalah kediaman resmi Paus, sekaligus tempat untuk pemilihan Paus baru oleh Dewan Kardinal Suci.

Situs Sejarah Penuh 'Nostalgia'

Beralih ke situs sejarah, ada sebuah tempat bernama Vatican Necropolis. Terletak di bawah kota Vatikan, tempat ini memiliki kedalaman 5-12 meter di bawah Basilika Santo Petrus.

Salah satu destinasi wisata sejarah terbaik di Vatikan itu ditemukan dalam penggalian arkeologi pada 1940-1949. Lokasinya sendiri berdekatan dengan Museum Vatikan.

Sayangnya, pengunjung situs ini dibatasi. Pelancong yang ingin bertandang ke Necropolis tak diperbolehkan lebih dari 250 orang.

Selain itu, pecinta sejarah juga bisa menilik 'kehidupan di masa lalu' dengan mengunjungi Vatican Library. Ini adalah perpustakaan tertua di dunia yang berisi kumpulan teks sejarah.

Vatican Library setidaknya memiliki 1,1 juta koleksi buku bersama dengan 75.000 kodeks. Perpustakaan ini bisa menjadi tempat terbaik bagi yang butuh referensi untuk penelitian sejarah, filsafat, hukum, juga sains.

Menjelajahi 'Alam Buatan' Vatikan

Bagi pelancong yang ingin memanjakan mata dengan keindahan 'alam buatan' ala Vatikan, bisa mengunjungi Vatican Garden. Ini merupakan salah satu taman terindah di Roma.

Vatican Garden sendiri terletak di antara Kapel Sistine dan Basilika Santo Petrus. Tempat itu memadukan semak-semak, bunga, dan pepohonan yang menyejukkan mata.

Wisatawan bisa menjelajahi Vatican Garden selama satu sampai dua jam. Kabar baiknya, taman ini tidak terlalu ramai pengunjung.

Demikianlah sederet destinasi wisata menarik di Vatikan, negara terkecil di dunia yang jadi pusatnya umat Katolik. Tertarik mengunjungi salah satunya?

Editor


Komentar
Banner
Banner