haul guru sekumpul

Berkah Haul Guru Sekumpul, Memacu Kunjungan Wisatawan di Kalsel

Paringatan wafat atau haul Syekh Muhammad Zaini bin Abdul Ghani atau populer dengan disapa Guru Sekumpul Martapura menjadi momentum mendorong kunjungan wisatawa

Featured-Image
Ilustrasi, jemaah haul Abah Guru Sekumpul ke-18. Foto-Net

bakabar.com, JAKARTA - Peringatan wafat atau haul Syekh Muhammad Zaini bin Abdul Ghani atau populer dengan disapa Guru Sekumpul Martapura menjadi momentum mendorong kunjungan wisatawan di Kalimantan Selatan, khususnya di Kota Banjarbaru.

Kadis Pemuda, Olahraga, Budaya, dan Pariwisata Kota Banjarbaru, Ahmad Yani mengungkapan Haul Guru Sekumpul memberikan dampak pada kunjungan wisata di wilayahnya. Sebab, haul tersebut diikuti sebanyak puluhan ribu jamaah dari berbagai daerah di Kalsel, Kalimantan, hingga seluruh Indonesia.

Dari keseluruhan jamaah tersebut terpusat pada satu titik yang menjadi pusat terselenggaranya haul yakni di Mushalla Ar-Raudhah, Kelurahan Sekumpul Martapura, termasuk melintasi sebagian wilayah di Banjarbaru.

Baca Juga: Dukung Kelancaran Haul Sekumpul, Pemkot Banjarbaru Siapkan Bus Gratis untuk Jamaah

"Daerah kita bertetangga dengan Sekumpul Martapura sehingga tentu melintasi Banjarbaru dan diharapkan sepulangnya berniat mengunjungi sejumlah objek wisata yang tersebar di sejumlah lokasi," ucapnya seperti dilansir Antara, Minggu (29/01).

Sesuai dengan arahan Wali Kota Banjarbaru, pemkot sudah membuka Mes L sebagai salah satu tempat singgah bagi jamaah yang berdatangan dari berbagai daerah. Mes tersebut disebutnya sebagai salah satu ikon wisata Banjarbaru. Tak hanya itu, para jamaah juga dapat menikmati kuliner dan produk UMKM yang disediakan di tempat tersebut.

Adapun kawasan wisata lain yang dapat menjadi alternatif selanjutnya adalah Makam Syarifah Badrun yang terletak di wilayah Kecamatan Cempaka. Termasuk kawasan ikonik Banjarbaru yang namanya disesuaikan dengan tema wilayah.

Baca Juga: Haul Guru Sekumpul di Ar-Raudhah, Ada Posko bagi Jamaah dari Jalur Pelabuhan

Salah satunya Banjarbaru yang memiliki ikon sesuai tema kawasan dengan nama tertentu seperti Kampung Pelangi, Kampung Purun, dan Kampung Pengolah Jamu Loktabat di Kelurahan Loktabat Selatan. Kampung tematik tersebut menjadi salah satu unggulan wisata di Banjarbaru.

Tak hanya itu, hiburan keluarga yang bisa dikunjungi yakni Alaska Park yang terletak di Kelurahan Cempaka dan Amanah Borneo Park di Kelurahan Palam yang selama ini menjadi salah tujuan kunjunga favorit wisatawan.

"Sehingga jamaah haul sebelum pulang bisa menikmati keunikan tersendiri yang ditampilkan Kota Banjarbaru," pungkasnya.

Editor
Komentar
Banner
Banner