Serba-serbi Ramadan

Berbuka atau Sahur, Kapan Waktu yang Cocok Minum Kopi?

Kopi sering dijadikan minuman penambah energi di pagi hari. Namun selama ramadan, kapan waktu yang tepat untuk minum kopi, saat sahur atau berbuka puasa?

Featured-Image
Ilustrasi secangkir kopi. Foto: IDN.

bakabar.com, JAKARTA - Kopi sering dijadikan minuman penambah energi di pagi hari. Namun selama ramadan, kapan waktu yang tepat untuk minum kopi, saat sahur atau berbuka puasa?

Kopi mengandung kafein yang merupakan stimulan yang bisa memberikan banyak efek pada tubuh. Jika diminum dengan cara yang cepat dan di waktu yang tepat, kopi dapat memberikan banyak manfaat 

Umumnya kopi diminum saat pagi hari atau sore hari. Namun selama puasa ramadan, tentu waktu minum kopi menjadi berubah, bisa di waktu sahur atau di waktu berbuka puasa. Di antara kedua waktu tersebut mana waktu terbaik minum kopi?

Melansir Healthline, kopi bisa menyebabkan asam lambung. Karenanya tidak disarankan untuk diminum dalam keadaan perut kosong. Ini bisa mengiritasi perut dan mengganggu kesehatan usus.

1. Jika Diminum Waktu Sahur

Jika minum kopi di waktu sahur bisa menyebabkan dehidrasi saat siang hari. Kondisi ini menyebabkan seseorang cenderung menghasilkan urine lebih banyak dari biasanya.

Dikutip dari Nestle-Family.com, jika ingin minum kopi di waktu sahur pastikan untuk dibarengi dengan makanan yang seimbang. Ini akan menjaga energi tubuh tetap terjaga.

Hal ini juga disarankan oleh ahli gizi dari Universitas Indonesia Beta Sindiana Dewi. Dikutip dari detikHealth, minum kopi disarankan ketika perut sudah terisi makanan.

2. Jika Diminum Waktu Berbuka Puasa

Minum kopi lebih disarankan ketika waktu berbuka puasa. Namun, perhatikan jika agar tidak langsung minum kopi saat azan berkumandang karena menyebabkan pelepasan cairan lambung saat perut kosong.

Kondisi ini akan melukai mukosa lambung. Sebelum minum kopi, sebaiknya membatalkan puasa dengan air putih dan 2-3 kurma. Kurma sendiri akan memberikan asupan gula yang dibutuhkan oleh tubuh, terutama otak.

Kamu bisa menikmati secangkir kopi dua jam setelah berbuka puasa. Di waktu ini akan memberikan banyak waktu bagi tubuh untuk menyesuaikan kadar glukosa darah.

Editor


Komentar
Banner
Banner