Info Kesehatan

Berat Badan Naik setelah Lebaran, 5 Cara Diet Ini Patut Dicoba!

Lebaran identik dengan suguhan kaya lemak seperti opor ayam, gulai, dan rendang yang sulit dihindari lantaran kelezatannya. Maka tidak heran kalau banyak orang

Featured-Image
Ilustrasi kenaikan berat badan. Foto: Grid Id.

bakabar.com, JAKARTA - Lebaran identik dengan suguhan kaya lemak seperti opor ayam, gulai, dan rendang yang sulit dihindari lantaran kelezatannya. Maka tidak heran kalau banyak orang mengalami kenaikan berat badan setelah Lebaran.

Namun tak perlu khawatir, sebab Anda bisa mengatur pola makan jika ingin kembali sehat dan ramping setelah Lebaran. 

Merangkum berbagai sumber, berikut beberapa jenis makanan rendah kalori, juga tinggi protein dan kaya serat yang bisa Anda konsumsi:

1. Sarapan Telur

Telur merupakan pilihan sarapan yang bisa masuk ke dalam menu makanan diet untuk membantu mengecilkan lingkar pinggang setelah Lebaran. Telur kaya protein dan banyak vitamin serta mineral penting, seperti selenium dan riboflavin.

Berkat kandungan proteinnya yang tinggi, telur dapat mengurangi nafsu makan karena membuat perut terasa kenyang lebih lama.

Salah satu penelitian pada 30 wanita yang kelebihan berat badan menunjukkan bahwa makan telur saat sarapan secara signifikan meningkatkan perasaan kenyang.

Ada banyak cara berbeda untuk menikmati telur. Kamu bisa mencoba memasak telur mulai dari direbus, dijadikan omelette atau orak-arik.

Cobalah memasak dua atau tiga butir telur dengan olahan apa pun, lalu gabungkan dengan sajian sayuran favoritmu. Jadikan telur sebagai sarapan pagi untuk diet yang bergizi dan lezat.

2. Kacang-kacangan

Kacang mempunyai keseimbangan sempurna antara serat, protein, dan lemak yang menyehatkan jantung. Sebuah studi pada 169 orang menunjukkan bahwa menambahkan kacang ke diet Mediterania secara signifikan menurunkan lingkar pinggang.

Namun perlu diingat bahwa kacang juga padat kalori. Jadi batasi asupan kacang kamu sekitar satu ons (28 gram) setiap kali untuk menjaga agar kalori tidak menumpuk. Campurkan satu porsi kacang ke dalam yogurt atau salad buatan sendiri.

3. Lemon

Mengutip dari Healthline, beberapa bukti menunjukkan bahwa lemon bagus untuk masuk ke dalam menu diet karena bisa membantu penurunan berat badan.

Dalam satu penelitian, 48 orang dewasa ditugaskan untuk dua diet, diet rendah kalori dengan mengonsumsi 0,5 liter air lemon sebelum makan dan tanpa membuat air lemon. Hasilnya setelah 12 minggu, peserta dalam kelompok yang minum air lemon kehilangan berat badan 44% lebih banyak daripada lainnya.

4. Oatmeal Sebagai Pengganti Nasi
Oatmeal rendah kalori tapi tinggi serat dan protein, dua nutrisi yang memengaruhi nafsu makan dan pengendalian berat badan. Kandungan beta-glukan pada oatmeal dapat menurunkan gula darah dan nafsu makan.

Penelitian menunjukkan bahwa beta-glukan dapat menyeimbangkan kadar gula darah, bekerja untuk mencegah lonjakan berat badan, dan gangguan yang dapat meningkatkan nafsu makan.

Anda bisa mengolah oatmeal menjadi makanan asin-gurih ataupun manis dan dapat disantap saat sarapan, makan siang ataupun makan malam.

5. Banyak Makan Sayuran

Makan banyak sayuran akan memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral yang mungkin hilang atau berkurang selama satu bulan berpuasa. Selain itu kandungan serat yang tinggi bermanfaat bagi kesehatan pencernaan dan membantu menurunkan berat badan.

Itulah deretan asupan makanan yang bisa Anda konsumsi untuk menurunkan berat badan setelah Lebaran. Selamat mencoba!

Editor


Komentar
Banner
Banner