Tak Berkategori

Belasan Rumah Hangus di Veteran, Simak Imbauan Danramil

apahabar.com, BANJARMASIN – Pascakebakaran di kawasan Veteran, Gang Sepakat, Kuripan, Kecamatan Banjarmasin Timur, Koramil 107-01/Banjarmasin Timur,…

Featured-Image
Danramil 107-01/BT, Mayor Infanteri Gatot Teguh Waluyo di sela membantu para korban terdampak kebakaran di kawasan Veteran, Banjarmasin Timur, Kamis siang. Foto-apahabar.com/Riyad

bakabar.com, BANJARMASIN – Pascakebakaran di kawasan Veteran, Gang Sepakat, Kuripan, Kecamatan Banjarmasin Timur, Koramil 107-01/Banjarmasin Timur, ikut membantu warga membersihkan puing-puing sisa kebakaran.

Melihat tingginya tingkat musibah kebakaran di Kota Banjarmasin, Danramil 107-01/BT, Mayor Infanteri Gatot Teguh Waluyo, meminta masyarakat untuk selalu waspada jika ingin berpergian ataupun beristirahat di malam hari.

“Tolong setiap masyarakat untuk lebih peduli terhadap lingkungan dari dalamnya, jika ingin meninggalkan rumah, usahakan harus cek, jangan malas untuk memeriksa keadaan rumah,” ungkap Gatot, kepada bakabar.com di lokasi kebakaran, Kamis siang.

Sebelum berpergian atau istirahat, masyarakat mesti memeriksa aliran listrik, apabila tidak terpakai lebih baik untuk dimatikan. Jangan lupa, melihat keadaan dapur dan lain-lain yang bisa memicu musibah kebakaran

Melihat letak geografis permukiman di Kota Banjarmasin yang berdempetan, musibah kebakaran rentan jadi.

Didominasi kayu, api dapat sangat cepat melalap sebuah rumah dan bangunan di sekelilingnya.

Jadi, agar tidak membahayakan diri dan orang lain dirinya mengatakaan agar masyarakat selalu waspada memulai dari diri sendiri terlebih dahulu.

Dirinya juga mengajak setiap masyarakat untuk memiliki peralatan pertolongan pertama jika terjadi musibah kebakaran.

“Siapkan karung goni, harganya juga tidak mahal, untuk pencegahan pertama jika api masih dalan skala kecil,” ujarnya.

Kemudian, Gatot juga menyampaikan agar masyarakat bersinergi dengan pemerintah membantu apabila ada warga yang terkena musibah kebakaran, membantu membersihkan ataupun memberikan materiil kepada korban.

“Yang utama yang kami fokuskan adalah kita bisa memberi kayu, paku, atau bahan bangunan lain, supaya rumah para korban bisa kembali terbangun dan mengurangi mereka” paparnya.

Karena menurutnya rumah atau tempat tinggal adalah hal utama yang paling penting untuk para korban, agar mereka tidak lagi mengungsi di rumah-rumah tetangga atau keluarganya.

Baca Juga: Diduga akibat Korsleting, Amuk Api di Veteran dari Bedakan

Baca Juga: Kebakaran Veteran, Dinsos Kalsel Salurkan Bantuan Ratusan Juta

Baca Juga: 8 Rumah di Veteran Banjarmasin Timur Ludes Diamuk Si Jago Merah !

Reporter: AHC07
Editor: Fariz Fadhillah



Komentar
Banner
Banner