LIFESTYLE

Belajar Listening Bahasa Inggris lewat 5 Podcast Ini

Listening merupakan salah satu subtes yang diujikan dalam TOEFL dan IELTS. Cara terbaik untuk meningkatkan kemampuan ini adalah terbiasa mendengarkan.

Featured-Image
Belajar Bahasa Inggris lewat Podcast. Foto: In English.

bakabar.com, JAKARTA - Listening merupakan salah satu subtes yang diujikan dalam TOEFL dan IELTS. Cara terbaik untuk meningkatkan kemampuan ini adalah terbiasa mendengarkan percakapan dalam bahasa Inggris.

Tak perlu repot-repot mencari orang asing yang fasih berbahasa Inggris, kemampuan listening bisa diasah lewat konten kekinian yang bertebaran di media sosial. Ya, podcast.

Podcast bisa menjadi media belajar yang efektif dan efisien. Betapa tidak, konten ini dapat didengarkan sembari mengerjakan pekerjaan lain, tak seperti menonton film yang harus memfokuskan perhatian pada layar gadget.

Sejumlah podcast bahkan menyediakan transkrip percakapan. Dengan begitu, Anda bisa mendengarkan percakapan sambil membacanya.

Lantas, podcast apa sajakah yang bisa meningkatkan kemampuan listening bahasa Inggris? Merangkum berbagai sumber, berikut ulasannya:

6 Minutes English from BBC

6 Minutes English from BBC menyediakan beragam topik perbincangan. Podcast ini dilengkapi dengan transkrip percakapan.

Tak cuma itu, 6 Minutes English from BBC bahkan juga menyediakan bagian khusus yang berisi penjelasan mengenai definisi kata kurang familiar.

BBC Learning English

asih dari BBC, Learning English juga memiliki banyak program yang bisa meningkatkan kemampuan listening. Mulai dari Grammar, Pronunciation, Everyday English, dan sebagainya.

Anda tinggal memilih podcast mana yang sekiranya sesuai dengan kemampuan yang ingin diasah.

VOA Learning English

Podcast dari Voice of America (VOA) ini menyediakan beragam tema global yang menarik. Mulai dari berita, dokumenter, sejarah Amerika, hingga idiom yang sering digunakan dalam bahasa Inggris-Amerika.

LearnEnglish Podcast from British Council
Podcast berdurasi 30 menit ini membawakan tema menarik yang berbeda di tiap episodenya. Pada akhir podcast, pendengar bahkan dihadapkan dengan 'simulasi ujian', yaitu berupa tes untuk menguji kemampuan listening.

ESL Daily English

Podcast ESL menghadirkan percakapan antara dua orang dengan tema berbeda di setiap episodenya. Agar dialog tersebut bisa dipahami lebih mudah, ESL Daily English pun menyediakan learning guide.

Podcast-podcast ini bisa didengarkan melalui PlayStore atau iTunes. Khusus BBC Learning English dan ESL Daily English, bisa didengarkan melalui aplikasinya masing-masing.

Anda juga bisa mengunduh podcast tersebut, sehingga dapat mendengarkannya tanpa harus terhubung dengan internet. Selamat mencoba!

Editor


Komentar
Banner
Banner