BBPOM Di Banjarmasin

BBPOM Banjarmasin Uji Lab Takjil dan Jajanan Ramadan di Siring 0 Km, Amankah?

Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Banjarmasin melakukan uji laboratorium takjil dan jajanan berbuka puasa di Pasar Wadai Ramadan, Siring 0 Km

Featured-Image
Kepala Balai Besar POM Banjarmasin, Leonard Duma, memperlihatkan proses uji di mobil laboratorium keliling BBPOM - Rizal Khalqi

bakabar.com,BANJARMASIN - Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Banjarmasin melakukan uji laboratorium takjil dan jajanan berbuka puasa di Pasar Wadai Ramadan, Siring Nol Kilometer, Rabu (5/4) sore. 

Sedikitnya ada 28 jenis takjil baik makanan maupun minuman yang dites BBPOM Banjarmasin menggunakan mobil laboratorium keliling.

“Berdasarkan hasil pengujian, semuanya memenuhi syarat sehingga aman dikonsumsi. Artinya tidak mengandung bahan berbahaya yang disalahgunakan,” ucap Kepala BBPOM Banjarmasin, Leonard Duma kepada awak media di lokasi pengujian. 

Menurutnya, cukup mudah mengenali makanan yang mengandung bahan berbahaya seperti boraks, formalin, rhodamin B dan methanil yellow.

Di antaranya yakni warna yang lebih mencolok, tidak mudah basi dan lebih kenyal. Kendati begitu, harus dibuktikan dengan uji laboratorium.

"Masyarakat harus lebih berhati-hati saat membeli barang. Selain wajib teliti dengan jenis makanan, perlu diperhatikan pula tanggal kedaluwarsa dari produk tersebut," tutupnya. 

Editor
Komentar
Banner
Banner