Kalsel

Baru 28 Persen, Vaksinasi Kabupaten Banjar Terendah se-Kalsel

apahabar.com, BANJARMASIN – Capaian vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Banjar sedang jadi sorotan. Target capaian 70 persen…

Featured-Image
Kepala Dinas Kesehatan Covid-19 Kalsel, M Muslim. Foto-apahabar/Syaiful Riki

bakabar.com, BANJARMASIN – Capaian vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Banjar sedang jadi sorotan.

Target capaian 70 persen dari pemerintah pada akhir tahun nanti pun seakan sulit direalisasikan. Hingga kini capaian vaksinasi di sana baru mencapai kurang lebih 28 persen.

"Itu data untuk vaksinasi dosis pertama," kata Juru Bicara Tim Satgas Covid-19 Kalsel, M Muslim, Jumat (3/12).

Menurut Muslim terdapat sederet kendala yang membuat capaian vaksinasi di Banjar jauh lebih rendah dibanding 12 kabupaten/kota lain di Kalsel.

Di antaranya, jumlah sasaran penerima vaksin di Kota Melayu Martapura ini cukup banyak yakni mencapai 41 ribu jiwa karena wilayahnya yang terlalu luas.

Selain itu, kesadaran masyarakat juga menjadi alasan capaian vaksinasi rendah. Muslim mengakui masih ada saja warga yang takut akan divaksin.

Oleh karenanya, Kepala Dinas Kesehatan Kalsel ini terus mendorong upaya percepatan vaksinasi, terlebih kondisi pandemi yang belakangan terus melandai.

"Ini waktu yang sangat tepat untuk upaya percepatan vaksinasi," tuturnya.

Saat ini, Muslim menyampaikan capaian vaksinasi yang sudah mencapai target 70 persen adalah Kota Banjarbaru dan Banjarmasin.

Sementara Kabupaten Tanah Bumbu sudah sekira 68 persen dan sejumlah daerah lain yang rata-rata di atas 40 persen.

Khusus untuk provinsi Kalsel, capaian vaksinasi tahap pertama sebanyak 50,46 persen, sedangkan tahap kedua mencapai 32 persen.



Komentar
Banner
Banner