Kalsel

Bantuan Korban Puting Beliung di Desa Penggalaman Martapura Barat Tiba

apahabar.com, MARTAPURA – Bantuan dari BPBD Kabupaten Banjar sudah sampai ke lokasi musibah angin puting beliung,…

Featured-Image
Selain mengirim bantuan bahan makanan pokok, BPBD Banjar juga mendirikan tenda darurat berukuran besar di lokasi terdampak angin puting beliung di Desa Penggalaman, Kecamatan Martapura Barat, Kabupaten Banjar, Jumat (11/6) sekitar pukul 22.30 Wita. Foto-apahabar.com/Hendra Lianoor

bakabar.com, MARTAPURA – Bantuan dari BPBD Kabupaten Banjar sudah sampai ke lokasi musibah angin puting beliung, di Desa Penggalaman, Kecamatan Martapura Barat, Kabupaten Banjar, Jumat (11/6) sekitar pukul 22.30 Wita.

Bantuan yang dibawa berupa makanan seperti telur, mi, biskuit, air mineral dan lainnya. Termasuk peralatan tidur, mandi, pakaian, hingga keperluan bayi.

Selain itu, BPBD Banjar juga mendirikan tenda darurat berukuran besar untuk berbagai keperluan.

Tak lama setelah bantuan BPBD datang, tampak bantuan dari Dinas Sosial Provinsi Kalsel membawa sejumlah bantuan serupa.

“Sementara bantuan ini dulu sebagai penanggulangan. Yang penting warga yang kena musibah tidak kelaparan, dan bisa tidur nyaman,” terang Kepala BPBD Banjar, Irwan Kumar kepada bakabar.com di lokasi.

“Besok akan kami mengirim lagi bantuan susulan. Juga Bupati Banjar akan datang besok bersama Dinas Sosial dan Baznas,” sambung Irwan Kumar.

Kumar menjelaskan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan pihak terkait seperti Dinas Sosial dan Baznas untuk mengupayakan bantuan lainnya.

Saat ini terpantau sejumlah warga mengungsi di Langgar Raudhatul Jannah di RT 03 Desa Penggalaman.

Mereka yang mengungsi rumahnya porak poranda diterpa angin puting beliung.

Sejauh ini tercatat ada 29 rumah yang rusak di tiga desa dengan tingkat kerusakan bervariasi. Paling banyak rusak berat di Desa Penggalaman.

26 rumah di Desa Penggalaman, 2 rumah di Desa Keliling Benteng Tengah, dan 1 rumah Desa Keliling Benteng Ulu.

Adapun jumlah kepala keluarga (KK) total 29 dengan total 91 jiwa.

Selain di tiga desa tersebut, juga ada rumah diterpa puting beliung di Desa Sungai Rangas, namun kondisinya tidak parah.

Untuk diketahui, akses jalan menuju lokasi terdampak puting beliung di Desa Penggalaman cukup sulit, karena jalan tidak beraspal dan sempit, juga licin.



Komentar
Banner
Banner