Bank Kalsel

Bank Kalsel Dukung BPKH Luncurkan Siskehat Gen 2

Direktur Utama Bank Kalsel, Hanawijaya mengatakan bakal mendukung upaya BPKH dalam meningkatkan layanan pengelolaan keuangan Haji tersebut.

Featured-Image
Ratu Mashamidah Bangsawan Putri, Divisi Usaha Syariah mewakili Dirut Bank Kalsel. Foto-Istimewa.

bakabar.com,BANJARMASIN - Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) resmi meluncurkan Sistem Keuangan Haji Terpadu (Siskehat) Gen 2 awal Desember 2022.

Peluncuran itu digelar bersama Bank Penerima Setoran Biaya Penyelengaraan Ibadah Haji (BPS-BPIH) termasuk Bank Kalsel.

Direktur Utama Bank Kalsel, Hanawijaya mengatakan bakal mendukung upaya BPKH dalam meningkatkan layanan pengelolaan keuangan haji tersebut.

“Bank Kalsel siap mendukung BPKH dalam memberikan layanan kepada para calon jemaah haji khususnya di Kalimantan Selatan,” kata Direktur Utama Hanawijaya.

Adanya sistem ini akan semakin mempermudah akurasi data antara Bank Kalsel dengan BPKH, sehingga layanan yang diberikan dapat semakin optimal.

Sebelumnya, Bank Kalsel melakukan penandatanganan Berita Acara dengan BPKH.

Tanda itu dilakukan oleh  Ratu Mashamidah Bangsawan Putri Divisi Usaha Syariah mewakili Dirut Bank Kalsel.

Apa itu Siskehat Gen 2?

Sebelumnya Badan Pengelola Keuangan Haji bersama Bank Penerima Setoran Biaya Penyelengaraan Ibadah Haji (BPS-BPIH) memperkenalkan Sistem Keuangan Haji Terpadu (Siskehat) Gen 2. Peluncuran berlangsung di Surabaya pada Kamis, 1 Desember 2022.

Siskehat adalah sistem yang memberikan tata kelola administrasi data secara terintegrasi, di mana aplikasi Siskehat Gen 2 ini merupakan pengembangan dengan sejumlah penambahan fitur dari aplikasi keuangan sebelumnya Siskehat Gen 1 yang telah diberlakukan sebelumnya sejak tahun 2019.

Di dalam Aplikasi Siskehat gen 2 ini dapat menyajikan informasi terkait pemberian nilai manfaat yang dibagikan melalui virtual account langsung kepada jemaah haji, penerimaan setoran awal, investasi, penempatan dana dan catatan aset keuangan lainnya.

Setelah melalui sosialisasi yang baik, hingga bulan November 2022, seluruh BPS-BPIH yang berada di daerah telah mengimplementasikan dengan baik dan tepat waktu, akurat dan dapat langsung diproses oleh sistem untuk menjadi laporan keuangan BPKH.

Prosesi penandatanganan berita acara Komitmen BPS-BPIH daerah untuk implementasi Siskehat Gen 2 ini dihadiri oleh 15 BPS-BPIH daerah dan disaksikan oleh Anggota Badan Pelaksana dan Anggota Dewan Pengawas BPKH, Heru Muara Sidik.

Melalui Transformasi Digital Aplikasi Siskehat Gen 2 ini, diharapkan pelayanan keuangan haji lebih cepat, akurat, efektif dan menjunjung tinggi transparansi dan meningkatkan akuntabilitas

Editor
Komentar
Banner
Banner