Bank Kalsel

Bank Kalsel dan OJK Beri Pemahaman Tentang Keuangan kepada Penyandang Disabilitas

Komitmen Bank Kalsel bersama Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam melakukan literasi keuangan kepada penyandang disabilitas dibuktikan.

Featured-Image
Komitmen Bank Kalsel bersama OJK dalam melakukan literasi keuangan kepada penyandang disabilitas dibuktikan. Foto-Bank Kalsel

bakabar.com, BANJARMASIN - Komitmen Bank Kalsel bersama Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam melakukan literasi keuangan kepada penyandang disabilitas dibuktikan.

Kali ini Bank Kalsel bersama OJK melakukan roadshow ke Sekolah Luar Biasa (SLB) yang ada di wilayah Banua Enam mulai 29 Juli – 2 Agustus 2024 melalui kegiatan Hari Nasional Menabung dengan mengambil tema “Inklusi Bagi Penyandang Disabilitas”.

Kick Off pelaksanaan kegiatan ini dilakukan, Senin (29/7/2024) dengan mengunjungi SLB Negeri Tanjung, Kabupaten Tabalong, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

Hadir dalam kegiatan ini di antaranya Bagian Pengawasan PUJK, EPK dan LMS OJK Kalsel Andi Rahman Yuliman, perwakilan Bank Kalsel Kantor Pusat Januar Puji Asymi, Plt. Kepala Bank Kalsel Cabang Tanjung Bobby Hermawan dan Asisten Perekonomian Kabupaten Tabalong Norzain A. Yani.

Di kesempatan yang sama, Kasubag Edukasi & Perlindungan Konsumen OJK Prov Kalsel, Andika Prassetia menyampaikan apresiasi kepada Bank Kalsel dalam menyelenggarakan Program Back To School yang diberi nama BEKANTAN (BEKAl uNTuk mAsa depaN).

“Tahun ini, OJK Prov Kalsel menargetkan konsistensi dan keberlangsungan pelaksanaan program Back to School (BEKANTAN) dari Bank Kalsel untuk bisa menyasar strategis kegiatan pada peningkatan literasi dan inklusi masyarakat khususnya ke penyandang disabilitas yaitu siswa-siswi di SLB," kata dia.

Sebab lanjut dia, tidak menutup kemungkinan nanti di masa yang akan datang Bank Kalsel dapat memberikan kesempatan berkarir bagi adik-adik disabilitas tersebut.

Dengan kolaborasi ini, siswa-siswi SLB juga mendapatkan hak dan kesempatan yang sama untuk mengenal sektor jasa keuangan dan mengakses layanan keuangan yaitu Tabungan belajar.

“Dengan Kolaborasi bersama stakeholder dan pemda dapat menjadi cakupan yang luas, menjangkau Masyarakat di wilayah 3T. Kami yakin dan berharap Bank Kalsel adalah Bank pembelajar, dan terus meningkatkan diri untuk menjadi semakin inklusif utk semua kalangan,” ujar Andika.

Direktur Utama Bank Kalsel, Fachrudin mengatakan dalam kegiatan ini Bank Kalsel bersama OJK tahun ini berkolaborasi untuk memberikan inklusi dan literasi keuangan kepada para penyandang disabitas di SLB wilayah banua enam.

“Pada Kegiatan tersebut, Bank Kalsel memberikan materi tentang menabung, sementara OJK memberikan edukasi tentang mengelola keuangan. Untuk materi yang diberikan tentunya kami sesuaikan, bahkan diganti dengan banyak gambar sehingga menjadi mudah dipahami oleh kalangan disabilitas,” jelas Fachrudin.

Selanjutnya, tidak hanya sampai disitu dalam event ini juga digelar games menarik seperti Ranking 1 agar para disabilitas semakin semangat dalam mengikuti kegiatan.

“Ada banyak hadiah yang disediakan, mulai dari bingkisan dari OJK hingga tabungan sebesar Rp500 ribu dari Bank Kalsel, Dalam kesempatan ini juga dilakukan pembukaan tabungan untuk kalangan disabilitas. Diharapkan melalui cara ini mereka semakin semangat untuk menabung demi masa depan mereka,” ungkap Fachrudin.

Sebagai Informasi, roadshow dilakukan di SLB yang ada di Banua Anam yang meliputi wilayah Kabupaten Tabalong, Balangan, Hulu Sungai Selatan (HSS), Hulu Sungai Tengah (HST), Tapin dan Hulu Sungai Utara (HSU). 

Editor


Komentar
Banner
Banner