Kalsel

Banjir Rendam Perumahan Warga dan Jalan Nasional di Tapin Kalsel

apahabar.com, RANTAU – Tingginya intensitas hujan yang mengguyur Kabupaten Tapin, Kalsel menyebabkan perumahan penduduk dan ruas…

Featured-Image
Foto dari udara kondisi perumahan di Komplek Labuhan Permai, Tapin yang terendam banjir. Foto-Posdalups BPBD Tapin

bakabar.com, RANTAU – Tingginya intensitas hujan yang mengguyur Kabupaten Tapin, Kalsel menyebabkan perumahan penduduk dan ruas jalan nasional di daerah tersebut terendam banjir.

Berdasarkan data yang dihimpun bakabar.com dari BPBD Tapin, banjir merendam perumahan dan ruas jalan nasional di Jalan Brigjend H Hasan Basry hingga menyebabkan kemacetan di Kecamatan Lokpaikat.

“Di Kecamatan Lokpaikat, Desa Bataratat sekitar 50 kepala keluarga terdiri dari 145 jiwa, Desa Bindreang ada 6 kepala keluarga 18 jiwa. Desa Lokpaikat ada 10 kepala keluarga, 23 jiwa juga jalan lintas nasional terendam banjir,” ujar Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Tapin, H Sofyan, Sabtu (31/10) malam.

Lebih lanjut dikatakan Sofyan, meski sudah berangsur surut, namun banjir juga masih melanda di Kecamatan Tapin Utara di antaranya Komplek Citra Labuhan Permai dan Dulang Indah Permai.

“Di Citra Labuhan Permai ada 70 rumah 44 kepala keluarga terdiri dari 121 jiwa dan di Dulang Indah Permai 12 rumah 10 kelapa keluarga, 36 jiwa. Warga tidak bisa melakukan aktivitas di dalam rumah misalnya memasak dan lainnya,” ujar Sofyan.

Banjir itu bukan akibat meluapnya salah satu sungai besar di Tapin.

Menurut laporan Posdalups BPBD Tapin saat ini kondisi sungai Tapin dalam keadaan normal.

Sementara itu menurut Latifah warga di Kecamatan Lokpaikat, selama ini baru 2 kali terjadi banjir seperti ini. Air terlihat coklat pekat.

“Kira-kira antara tahun 2015 atau 2016 juga pernah banjir seperti ini, sebelumnya tidak pernah banjir seperti ini,” ujar Latifah.



Komentar
Banner
Banner