Tak Berkategori

Banjarmasin Tambah Empat Sungai Tahun Ini

apahabar.com, BANJARMASIN – Pemerintah Kota Banjarmasin akan kembali menggencarkan pengerukan sungai. Tahun ini, pengerukan akan dilakukan…

Featured-Image
Para kontingen yang mengikuti ajang lomba balap jukung tradisional dalam Jukung Festival 2018 di Siring Menara Pandang, Banjarmasin, sore tadi. Foto-istimewa

bakabar.com, BANJARMASIN – Pemerintah Kota Banjarmasin akan kembali menggencarkan pengerukan sungai. Tahun ini, pengerukan akan dilakukan di Kecamatan Banjarmasin Utara dan Banjarmasin Timur.

Tujuannya tidak lain, untuk menambah jumlah sungai yang ada menjadi 172 sungai.

Kepala Bidang Sungai dan Drainase Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Banjarmasin, Hizbul Wathonim menyebut ada empat titik yang dikeruk. Tujuannya, untuk dijadikan aliran sungai sekaligus menambah jumlah sungai.

Jika ditambah dengan empat sungai kerukan di tahun ini maka total sungai yang terdapat di Banjarmasin mencapai 172. Nantinya, kata dia, sungai tersebut akan disahkan melalui Surat Keputusan (SK) Wali Kota Banjarmasin.

Dia menyebutkan empat sungai yang dikeruk, dua di antaranya berada di kecamatan Banjarmasin Timur, yaitu Sungai Guring di Pekapuran dan Sungai Lumbah di Jalan Pramuka.

“Dua sungai lainnya yaitu ada sungai Jeruju di Alalak dan Sungai Juragan Kusin di Sultan Adam yang kedua sungai ini terletak di kecamatan Banjarmasin Utara” ucap Thony kepada awak media di Balai Kota Banjarmasin, Senin (11/2).

Dia mengatakan panjang tiap sungai yang dikeruk berbeda beda, misalnya Sungai Guring dikeruk sepanjang 800 meter, Sungai Lumbah di Jalan Pramuka dikeruk sepanjang 300 meter.

Kemudian Sungai Juragan Kusin di Sultan Adam dikeruk 200 meter, dan terakhir Sugai Jeruju di Alalak dikeruk 200 meter. Untuk pengerukan, pemerintah mengucurkan Rp 2,1 miliar dengan pengerjaan secara bertahap sepanjang tahun 2019.

Reporter: Bahaudin Qusairi
Editor: Fariz Fadhillah



Komentar
Banner
Banner