News

Banjarmasin Siapkan 2.500 Hewan Kurban untuk Iduladha 2024

Kebutuhan hewan kurban di Kota Banjarmasin jelang Iduladha 2024 meningkatkan dibandingkan tahun sebelumnya.

Featured-Image
Kebutuhan hewan kurban di Kota Banjarmasin jelang Idul Adha 2024 meningkatkan dibandingkan tahun sebelumnya. Foto: Bahaudin Qusairi

bakabar.com, BANJARMASIN - Kebutuhan hewan kurban di Kota Banjarmasin jelang Iduladha 2024 meningkatkan dibandingkan tahun sebelumnya.

Kepala Bidang Peternakan Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Banjarmasin Teuku Inayatsyah mengatakan telah mempersiapkan sekitar 2.000 hingga 2.500 ekor hewan kurban pada tahun ini.

Jumlah ini diperkirakan lebih dari tahun sebelumnya yang berada di angka 2.350 ekor.

“Data permintaan hewan kurban di kecamatan-kecamatan setelah dilakukan pengecekan ini tidak terlalu jauh dengan tahun sebelumnya, sehingga prediksi kami mulai dari 2000-2500,” ujarnya.

Kepala DKP3 Banjarmasin, Yuliansyah Effendi mengatakan seluruh hewan kurban ini dilakukan pemeriksaan sebelum, sesudah didistribusikan hingga ditempat penampungan di Rumah Potong Hewan (RPH) Basirih.

"Ada beberapa lokasi yang bakal dipantau, tapi pertama tentu di Rumah Potong Hewan (RPH) Basirih, kemudian di Pelabuhan. Mungkin sekitar 10 tempat penjualan hewan," paparnya.

Pemeriksaan yang dilakukan yakni berupa fisik hewan, hingga pemeriksaan mulut dan kuku.

"Jadi di fisik dulu, kalau tidak ada masalah dalam tampilannya, itu bisa dianggap sehat," pungkasnya.

Editor
Komentar
Banner
Banner