Cuaca Banjarmasin

Banjarmasin Dipastikan Aman dari Banjir, BPBD: Tetap Siaga 24 Jam

Kepala BPBD Kota Banjarmasin, Husni Thamrin mengatakan meski curah hujan dan air pasang cukup tinggi, ia memastikan daerahnya masih aman dari banjir.

Featured-Image
Kondisi Sungai Veteran di Banjarmasin. Foto: apahabar.com/Riyad.

bakabar.com, JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), memperkirakan sebagian wilayah Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan pada Sabtu-Minggu (11-12/2) akan terjadi hujan dengan intensitas sedang.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banjarmasin, Husni Thamrin mengatakan meski curah hujan dan air pasang cukup tinggi belakangan ini, ia memastikan daerahnya masih aman dari banjir.

"Insya Allah tidak akan banjir, karena ketinggian air pasang masih terpantau normal," katanya di Banjarmasin, Sabtu (11/2).

Walaupun kondisi dipastikan masih aman, namun ia memastikan pula kesiapsiagaan terhadap bencana tidak dilonggarkan.

Baca Juga: Lintasan Sejarah 1942: Banjarmasin Menyala, Martapura Berdarah

Menurutnya, para petugas BPBD Kota Banjarmasin siap siaga selama 24 jam untuk melakukan berbagai langkah, baik untuk evakuasi jika terjadi hal yang tidak diinginkan.

"Kita juga piket selama 24 jam bergantian . Dan kita siap melakukan evakuasi kalau ada laporan-laporan dari masyarakat," ujarnya.

Sebab, lanjut dia, di cuaca ekstrem ini tidak hanya banjir yang dikhawatirkan, namun juga angin topan.

Menurut dia, dari prakiraan BMKG cuaca seperti ini atau hujan dengan intensitas tinggi hingga akhir Februari 2023.

Baca Juga: Tersingkap! Musabab di Balik Kecelakaan Armada Pemadam Kebakaran Pemkot Banjarmasin

Karenanya, kata dia, masyarakat diminta berhati-hati dan waspada untuk segala bencana bisa terjadi, khususnya banjir atau angin puting beliung.

Pihaknya juga meminta, masyarakat untuk membersihkan lingkungannya, khususnya membersihkan drainase, untuk kelancaran air.

Ia mengatakan Kota Banjarmasin memang masih status siaga banjir dan air pasang dari Desember 2022 hingga Januari 2023 ini.

"Saat ini kita juga siapkan berbagai peralatan penanggulangan dan pertolongan kebencanaan," pungkasnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner