Pemkot Banjarbaru

Banjarbaru Sediakan Sejumlah Layanan Gratis untuk Jemaah Haul Guru Sekumpul

Mulai dari bus angkutan gratis, tempat penginapan alternatif, rest area, tayangan siaran langsung, makan minum dan air bersih, hingga layanan kesehatan.

Featured-Image
Armada bus yang disiapkan Pemkot Banjarbaru untuk jemaah Haul Guru Sekumpul. Foto- Dishub Banjarbaru

bakabar.com, BANJARBARU - Mendukung kelancaran Haul ke-18 Guru Sekumpul atau KH Muhammad Zaini bin Abdul Gani, Pemerintah Kota (Pemkot) Banjarbaru menyiapkan sejumlah fasilitas layanan gratis untuk jemaah yang datang. Mulai dari konsumsi, penginapan, hingga layanan kesehatan.

Layanan gratis itu kembali disiapkan usai pihak dari Mushala Ar-Raudhah resmi mengumumkan akan melaksanakan kembali Haul Guru Sekumpul, Minggu (29/1/2023) malam, seperti sebelum adanya pandemi Covid-19.

Wali Kota Banjarbaru, HM Aditya Mufti Ariffin mengungkapkan sebelumnya pelayanan serupa juga disediakan untuk jemaah yang menghadiri haul Abah Guru di Kampung Keramat, Kamis (26/1/2023) tadi.

"Namun dengan adanya informasi resmi bahwa Mushala Ar-Raudhah juga akan melaksanakan, Pemkot Banjarbaru kembali bersiap untuk memberikan pelayanan jemaah pada acara yang dilaksanakan Minggu malam nanti," ujar Ovie, begitu putra mantan Gubernur Kalsel H Rudy Ariffin, Jumat (27/1).

Persiapan Pemkot Banjarbaru kian matang dengan memperhatikan berbagai kebutuhan jemaah yang diperkirakan hadir dengan jumlah mencapai ratusan ribu atau bahkan tembus jutaan orang.

Sebab itu, Ovie secara langsung turun tangan dalam memimpin koordinasi kesiapan di seluruh jajaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemkot Banjarbaru.

"Sudah hampir 3 tahun lamanya haul tidak dilaksanakan karena adanya Covid-19, kerinduan masyarakat akhirnya terjawab. Sebagai daerah tetangga, kami akan memberikan dukungan apapun yang bisa dilakukan untuk kelancaran Haul Abah Guru," tegas Aditya.

Tiap SKPD diperintahkan untuk mengambil peran saat menjamu kedatangan jemaah Haul Guru Sekumpul nanti.

Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Banjarbaru misalnya yang telah memastikan ketersediaan bus angkutan gratis untuk mengantarkan jemaah dari Lapangan Murjani ke lokasi pelaksanaan Haul Guru Sekumpul di Kabupaten Banjar.

Dipusatkan di Lapangan Murjani, Kepala Dishub Banjarbaru, Marhain Rahman, melalui Kabid LLAJ, Hendra Maulana menginfomasikan untuk saat ini, sembilan unit bus yang akan mengantarkan para jemaah secara bergantian.

"Jadi setiap unit bus yang telah terisi langsung mengantarkan jemaah ke lokasi terdekat pelaksanaan Haul Abah Guru Sekumpul. Intinya kita situasional saja, sesuai permintaan jamaah sampai mana di antarnya. Insya Allah, jumlah unit bus yang dioperasionalkan akan kita tambah lagi," ucap Hendra.

Bagi jemaah yang sudah tidak bisa masuk ke wilayah Sekumpul, lokasi pelaksanaan haul, Pemkot Banjarbaru nyatanya juga telah menyediakan alternatif lain.

Dalam hal ini, Diskominfo Kota Banjarbaru akan menayangkan siaran langsung pelaksanaan haul melalui layar proyektor di Lapangan Murjani apabila cuaca mendukung. Dan jika memungkinkan, siaran langsung pelaksanaan haul pun dapat ditonton melalui channel youtube Banjarbaru TV.

Kerjasama Diskominfo Banjarbaru juga dilakukan bersama  Diskominfo Kabupaten Banjar untuk mengintegrasikan live CCTV Banjarbaru - wilayah Sekumpul, agar para jamaah bisa memprediksi tempat yang dituju apakah sudah penuh ataupun dalam kondisi macet.

Masih di Lapangan Murjani, dukungan juga datang dari Disperkim Kota Banjarbaru dengan menyuplai kebutuhan air bersih untuk wudhu jemaah dan kebutuhan air WC.

Termasuk mempersiapkan penambahan lampu penerangan jika dibutuhkan saat malam hari.

Dari luar area jantung ibu kota Provinsi Kalimantan Selatan itu, Dinas Pendidikan dan Dispordabudpar Kota Banjarbaru memastikan menyediakan fasilitas penginapan dan rest area bagi para jamaah haul dari penjuru daerah.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Banjarbaru, Dedy Sutoyo, mengkonfirmasi sedikitnya ada 17 sekolah yang siap dialihfungsikan sebagai posko dan penginapan sementara jamaah haul.

Tak hanya sekadar menggunakan ruangan kelas sebagai tempat menginap, pihaknya juga menyediakan layanan berupa toilet dan kamar mandi untuk para jamaah.

"Petugasnya dikoordinir langsung oleh kepala sekolah dan guru dari sekolah yang dipakai sebagai penginapan. Dibantu tim dari Disdik juga yang mobile. Untuk konsumsi, Insya Allah akan dipenuhi, kami akan berkoordinasi dengan pos induk di Lapangan Murdjani dan masyarakat sekitar," tambahnya.

Sementara untuk rest area, Kepala Disporabudar Kota Banjarbaru, Yani Makkie, memastikan telah menyediakan fasilitas yang nyaman bagi jamaah menikmati waktu istirahat dan bersantai di Mess L Banjarbaru. Hal ini juga katanya menjadi langkah antisipasi apabila kondisi jamaah di lapangan Murjani telah membludak.

Tak sampai di situ, 5 Kecamatan yang ada di Kota Banjarbaru kini telah bergerak untuk menyediakan rest area di setiap wilayahnya.

Contohnya saja, Kecamatan Landasan Ulin yang telah memetakan 10 posko titik rest area, tersebar di 4 kelurahan yakni Kelurahan Guntung Manggis, Kelurahan Guntung Payung, Kelurahan Syamsudin Noor dan Kelurahan Landasan Ulin Timur.

Kemudian di Kecamatan Banjarbaru Utara, terdapat 8 titik rest area. Sebarannya dapat ditemukan di sepanjang jalan A Yani menuju bundaran Simpang Empat maupun di sepanjang jalan Panglima Batur.

Dari sisi lainnya yang cukup diperhatikan ialah faktor keselamatan. Demi menunjang hal itu, Dinas Kesehatan (Dinkes) dan RSD Idaman Kota Banjarbaru bekerjasama memberikan layanan kesehatan yang mumpuni.

Sebanyak 4 pos kesehatan di berbagai titik akan dioperasional. Dukungan 2 armada ambulance milik Dinkes Banjarbaru, 1 unit mobil mini ICU serta dukungan ambulance lainnya dari Disperkim Banjarbaru dipastikan akan bersiaga selama dua hari ke depan. Ditambah lagi dukungan kendaraan roda dua untuk memantau dan pengawasan di lapangan.

"Semua Dokter dan tenaga medis di rumah sakit pada hari minggu sudah siap standby 1 kali 24 jam," kata Direktur RSD Idaman Kota Banjarbaru, Danny Indrawardhana.

Terutamanya untuk layanan emergency yang membutuhkan tindak cepat.

"Kita juga akan berpatroli di 4 posko kesehatan milik Dinkes, jika memang ada yang butuh penanganan akan langsung di rujuk ke RSD Idaman. Untuk itu juga kami himbau jamaah agar membawa KTP dan kartu BPJS Kesehatannya sehingga memudahkan nantinya," sambungnya.

Menjamin kebutuhan makan dan minum para jemaah dapat terpenuhi, bekerjasama BP2RD dengan Bagian Umum dan Dinas Sosial serta BPBD Kota Banjarbaru yang mana nantinya membagikan paket makanan dan minuman.
Pendirian dapur umum juga akan direalisasikan di sejumlah titik wilayah.

Sedang di posko utama di Pemkot Banjarbaru yang berada di area Lapangan Murjani menyediakan layanan pijat.

Di mana jemaah yang mengalami sakit bagian badannya, dapat mampir untuk ditangani tukang pijat yang profesional di bidangnya.

Untuk keamanan, tentunya dalam hal ini Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol) Kota Banjarbaru akan mengerahkan 40 lebih personil untuk melakukan pengamanan. Terkhususnya di pusat-pusat kerumunan jamaah.

Baca Juga: Melihat Kesibukan Warga Menyiapkan Haul ke-18 Abah Guru Sekumpul di Musala Ar-Raudhah

Daftar Sekolah yang Disiapkan Menjadi Penginapan Jemaah Haul Guru Sekumpul;


- SMPN 2 Banjarbaru
- SMPN 9 Banjarbaru
- SMP Qardhan Hasanah
- SMP IT Rabbani
- SMPN 14 Banjarbaru
- SMPN 15 Banjarbaru
- SDN 1 Sungai Ulin
- SDN 5 Sungai Ulin
- SDN 1 Sungai Besar
- SDN 1 Guntung Paikat
- SDN 1 Mentaos
- SDN 2 Mentaos
- SDN 3 Cempaka
- SDN 1 Komet
- SDN 2 Komet
- SDN 4 Komet
- SDN 5 Komet

Editor


Komentar
Banner
Banner