Pemkot Banjarbaru

Banjarbaru Raih Skor MCP Tertinggi di Kalsel, Wali Kota Aditya Terima Penghargaan KPK

Wali Kota HM Aditya Mufti Ariffin sukses membawa Pemkot Banjarbaru mencatatkan nama sebagai Pemerintah Daerah dengan Perolehan Skor MCP tertinggi 2023

Featured-Image
Wali Kota Aditya saat menerima penghargaan Pemda dengan MCP tertinggi dari KPK. Foto : MC Banjarbaru

bakabar.com, BANJARBARU - Wali Kota HM Aditya Mufti Ariffin sukses membawa Pemkot Banjarbaru mencatatkan nama sebagai pemerintah daerah dengan perolehan skor indeks pencegahan korupsi atau Monitoring Center for Prevention (MCP) Tertinggi Tahun 2023 di Kalimantan Selatan.

Penghargaan tersebut diserahkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melalui Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata, kepada Aditya yang didampingi Sekdakot Banjarbaru H Said Abdullah.

Momen pemberian penghargaan ini bertepatan dengan Rapat Koordinasi Pemberantasan Korupsi di Provinsi Kalsel di Mahligai Pancasila Banjarmasin, Kamis (27/6).

Dalam MCP KPK RI, Pemko Banjarbaru masuk kategori hijau dengan perolehan nilai 90,94.

"Alhamdulillah. Semoga kedepan segala indikator tersebut bisa dipertahankan dan lebih ditingkatkan lagi," papar Aditya, Jumat (28/6).

"Penghargaan sebagai pemerintah daerah dengan indeks pencegahan korupsi tertinggi di Kalsel menjadi vitamin untuk Pemko Banjarbaru agar bekerja lebih baik lagi," imbuhnya.

MCP merupakan upaya yang dilakukan oleh KPK RI untuk mendorong pencegahan korupsi melalui upaya-upaya preventif dengan melakukan intervensi. 

Terdapat tujuh 7 area yang dilakukan intervensi. Mulai dari perencanaan penganggaran, pengadaan barang dan jasa, perizinan, penguatan APIP, manajemen ASN, manajemen BMD, optimalisasi pendapatan daerah.

Untuk Pemko Banjarbaru, MCP yang dinilai adalah perbaikan sistem melalui survei penilaian integritas dan indeks persepsi anti korupsi.

Editor


Komentar
Banner
Banner