Hot Borneo

Bang Dhin Ajak Pelajar Tumbuhkan Semangat Pancasila dalam Bernegara

apahabar.com, BANJARMASIN – Wakil Ketua DPRD Provinsi Kalsel M Syaripuddin memberikan materi ideologi Pancasila dan wawasan…

Featured-Image
Wakil Ketua DPRD Kalsel M.Syaripuddin saat di acara tentang ideologi Pancasila dan wawasan kebangsaan Siswa Siswi SMK Tunas Bangsa Kabupaten Tanbu. Foto-Istimewa

bakabar.com, BANJARMASIN – Wakil Ketua DPRD Provinsi Kalsel M Syaripuddin memberikan materi ideologi Pancasila dan wawasan kebangsaan Siswa Siswi SMK Tunas Bangsa Kabupaten Tanah Bumbu, Senin (6/6).

Wawasan kebangsaan adalah keutuhan secara nasional, yang juga dapat diartikan sebagai cara pandang yang utuh atau menyeluruh dalam lingkup bangsa indonesia dan demi kepentingan nasional.

Artinya, setiap warga negara Indonesia harus berpikir, bersikap dan bertindak secara utuh menyeluruh dalan lingkup NKRI dan demi kepentingan nasional, bangsa dan negara Indonesia.

M Syaripuddin biasa disapa Bang Dhin ini menjelaskan optimaliasi peran legislatif mendorong pemerintah dan stakeholder penguatan dan pendidikan karakter wawasan kebangsaan seperti perguruan tinggi, sekolah dan instansi lembaga terkait.

Menyediakan tempat aspirasi , memberikan edukasi wawasan kebangsaan melalui komunikasi yang tersentuh langsung kepada masyarakat seperti reses.

Selain itu sosialisasi 4 pilar, sambutan acara/undangan, dan juga membuka ruang kantor DPRD sebagai sarana diskusi dan aspirasi guna pengembangan dan pendidikan karakter kebangsaan bagi generasi muda.

Nilai-nilai Pancasila sangat penting dalam kehidupan keseharian sebagai dasar bermasyarakat dan bernegara.

“Nilai ketuhanan bangsa yang religius, nilai kemanusiaan mengakui harkat martabat manusia secara berkeadilan dan beradab, nilai persatuan pada koridor pluralisme, nilai kerakyatan yang berdemokrasi hikmat kebijaksanaan, nilai keadilan sosial yang mana memenuhi keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia di berbagai bidang kehidupan,” tutupnya.

Kegiatan ideologi Pancasila ini didampingi Ribut Giyono dan kepala sekolah tunas bangsa Heri Maryadi, beserta staff dewan guru.



Komentar
Banner
Banner