Hot Borneo

Bandara Syamsudin Noor Kebanjiran Penumpang di Puncak Arus Mudik

Jumlah penumpang Bandara Internasional Syamsudin Noor Banjarmasin naik signifikan saat libur lebaran 2023.

Featured-Image
Penumpang bandara Syamsudin Noor meningkat drastis saat puncak arus mudik lebaran. Foto-apahabar.com/Hasan

bakabar.com, BANJARBARU - Jumlah penumpang Bandara Internasional Syamsudin Noor Banjarmasin naik signifikan saat libur lebaran 2023.

Otoritas bandara di Banjarbaru ini mempredeksi, puncak arus mudik terjadi pada 19 April 2023 atau H-3 Idulfitri. Di hari itu, tercatat jumlah penumpang tembus 10.789 orang.

Rinciannya, penumpang datang 3.971, dan yang berangkatan 6.818. Hal itu disampaikan Humas Bandara Internasional Syamsudin Noor, Ahmad Zulfian Noor, Senin (24/4).

Zulfian menyebut, selain H-3 lebaran, jumlah penumpang pada H-2 juga mencapai 10.394.

"Penumpang mulai membeludak pada H-4 yang mencapai 10.341," katanya dihubungi bakabar.com

Jika dibanding dengan momen mudik Idulfitri tahun lalu, Zulfian menuturkan, jumlah penumpang pada 2023 ini meningkat jauh.

"Saat puncak arus mudik tahun lalu penumpangnya cuma 8.560," tuturnya.

Lalu bagaimana dengan arus balik penumpang? Ia memprediksi, puncaknya terjadi pada H+5 hingga H+6 lebaran Idulfitri 1444 Hijriah.

Sebelumnya, GM Bandara Internasional Syamsudin Noor, Dony Subardono menyampaikan, antusiasme para pemudik tahun ini pun disambut pihaknya dengan semangat.

Bersama dengan stakeholder terkait, pihaknya telah melakukan serangkaian persiapan, program, dan koordinasi aktif untuk mengantisipasi peningkatan jumlah aktivitas di Bandara maupun kondisi abnormal.

"Salah satunya adalah dengan penyelenggaraan posko angkutan udara ini," terang Dony.

Kesiapan lain yang telah dilakukan antara lain, pelaksanaan inspeksi keselamatan angkutan lebaran, pengecekan fasilitas berkala, hingga persiapan para personel operasi.

Tidak hanya itu, pihaknya juga telah mempersiapkan sejumlah program untuk antisipasi keselamatan, keadaan darurat, accident dan force majeur selama periode mudik ini berlangsung.

Pada periode ini, diprediksi akan terjadi peningkatan jumlah penumpang sebesar 30,1 persen dengan total 160.960 penumpang dibandingkan tahun sebelumnya yaitu 123.723 penumpang.

Pun aktivitas pesawat yang tumbuh 12,3 persen dengan total 1.177 movements dibanding periode sebelumnya sebesar 1.048 movements.

"Selaras pula dengan jumlah kargo yang bertambah 11,73 persen sejumlah 1.143.358 Kg dibandingkan tahun sebelumnya, 1.023.360 Kg," tuturnya.

Adapun selama periode ini, Bandara Internasional Syamsudin Noor akan melayani penerbangan penumpang dengan 9 rute yaitu Jakarta, Surabaya, Kulonprogo, Semarang, Balikpapan, Batulicin, Kotabaru, Muarateweh, dan Kualapambuang.

Pihaknya berharap para pengguna jasa dapat berkumpul dengan sanak saudara dengan aman, nyaman, dan bahagia dengan menggunakan moda transportasi udara melalui bandara.

Editor


Komentar
Banner
Banner