Kalsel

Bandara Internasional Syamsudin Noor Pukau Jokowi!

apahabar.com, BANJARBARU – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo akhirnya meresmikan Bandara Internasional Syamsudin Noor, Rabu (18/12)…

Featured-Image
Presiden Jokowi menjabat tangan Gubernur Kalsel Sahbirin Noor, tanda disahkannya bandara internasional Syamsudin Noor yang berlokasi di Banjarbaru, Rabu siang. Foto-apahabar.com/Rizal Khalqi

bakabar.com, BANJARBARU – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo akhirnya meresmikan Bandara Internasional Syamsudin Noor, Rabu (18/12) siang, sekitar 12.45 Wita.

Jokowi terpukau dengan peningkatan fasilitas yang ada. Karenanya, sebaris pantun spesial dibacakan oleh sang presiden.

“Dengan mengucap bismillah, siang hari ini saya resmikan Bandara Internasional Syamsudin Noor di Kalsel,” ujar Jokowi.

Pantauan bakabar.com, Jokowi langsung menjabat erat tangan Paman Birin, sapaan akrab Gubernur Kalsel Sahbirin Noor.

“Saya sangat kaget pas masuk di bandara baru ini dulu di sana (menunjuk ke terminal lama), sekarang di sini emang bagus dan gede banget,” ujar eks Gubernur DKI Jakarta itu.

Dikatakannya, Bandara Internasional Syamsudin Noor sekarang memang patut dibanggakan.

“Terminal yang lama 9 ribu meter persegi sekarang 77 ribu meter persegi, berapa kali lipat itu, 8 kali lipat dari yang lama, kemudian kapasitasnya dulu 1,3 juta per tahun sekarang 7 juta penumpang per tahun, loncatannya sagat tinggi,” ucapnya.

Dengan perluasan bandara baru yang berkali lipat ini, Jokowi meminta agar PT Angkasa Pura berhati hati dengan lonjakan penumpang.

“Hati-hati, karena tadi saya cek pertumbuhan pergerakan penerbangan itu 10 persen lebih, pertumbuhan penumpang 7 persen lebih, mungkin gak sampai 10 tahun itu nanti bisa dibesarin lagi,” candanya.

Pertumbuhan persentase yang begitu signifikan membuatnya heran ada apa dengan Kalsel.

“Saya tidak tahu di Kalsel ini ada apa? pertumbuhannya cepat sekali. Yang jelas saya tau di sini ada Intan, desainnya juga Intan,” terangnya.

Kemudian Jokowi juga mengingatkan untuk pemerintah provinsi agar fokus pada tujuan utama dari bandara internasional perdana di Kalsel itu.

“Boleh bangga tapi yang paling penting tindak lanjut dari ini untuk menimbulkan manfaat kepada masyarakat “Oh saya lebih baik, oh saya lebih sejahtera”. Nanti ini tugas pak gubernur sambungkan ke masyarakat efek bandara ini,” ujar Jokowi.

Sebagai penutup, Jokowi membacakan sebaris pantun: “Pergi ke danau mendayung sampan. Sampan melaju terpercik air. Bandara baru Kalsel, semoga rakyatnya rejeki deras mengalir,” ujarnya mengakhiri.

Sebagai informasi, terminal baru Bandara Syamsudin Noor memiliki luas 77.569 meter persegi atau 8 kali lebih luas dibandingkan terminal lama yang hanya memiliki luas 9.043 meter persegi. Terminal baru berkapasitas 5 kali lebih besar dibandingkan terminal lama.

Terminal baru juga ditunjang dengan 42 unit konter check-in, 3 conveyor belt, dan ruang tunggu seluas 5.185 meter persegi. Tersedia pula, lahan parkir seluas 34.360 meter persegi untuk kendaraan roda empat dan 2.420 meter persegi untuk kendaraan roda dua.

Selain itu, dibangun pula terminal kargo baru berkapasitas 44.000 ton per tahun dari 22.297 ton per tahun yang ada saat ini.

Sedangkan apron bertambah menjadi 129.812 meter persegi dan mampu menampung 16 pesawat narrow body dari yang sebelumnya hanya 80.412 meter persegi dan hanya dapat menampung 8 pesawat narrow body.

Baca Juga:Jokowi Datang, Bandara Syamsudin Noor Diharap Segera Beroperasi

Baca Juga:Kedatangan Jokowi ke Banjarmasin Tak Ganggu Aktivitas Bandara Syamsudin Noor

Reporter: Nurul Mufidah
Editor: Fariz Fadhillah



Komentar
Banner
Banner