News

Bak Festival Budaya, Ini 5 Fakta Menarik Ngunduh Mantu Pernikahan Kaesang-Erina

Gelaran ngunduh mantu Kaesang Pangarep dan Erina Gudono yang digelar pada Minggu (11/12) menyisakan berbagai kisah unik karena digelar dengan rangkaian prosesi

Featured-Image
Kirab Kaesang-Erina. Foto-net

bakabar.com, BANJARMASIN - Gelaran ngunduh mantu Kaesang Pangarep dan Erina Gudono yang digelar pada Minggu (11/12) menyisakan berbagai kisah unik karena digelar dengan rangkaian prosesi adat dan pesta rakyat yang unik.

Tak hanya para pejabat dan tokoh terkemuka yang hadir, panitia menyulap pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono bak festival budaya. Di mana mereka menjamu seluruh rakyat Solo, melibatkan ratusan tukang becak dan andong hingga diramaikan dengan sejumlah acara menarik juga makanan gratis.

Untuk mengetahui lebih dalam mengenai hajatan besar keluarga Jokowi yang mengundang ribuan orang tersebut, ini 5 fakta menarik ngunduh mantu Kaesang- Erina yang dirangkum bakabar.com :

1. Ada 9 Panggung Hiburan

Sembilan panggung hiburan disiapkan di sepanjang Jalan Slamet Riyadi. Mulai dari rumah dinas Wali Kota Solo Loji Gandrung hingga Pura Mangkunegaran.

Ketua Panitia Pernikahan Kaesang-Erina,Erick Thohir sebelumnya mengatakan seniman dan musisi lokal Kota Solo akan mengambil bagian pada panggung hiburan tersebut.

2. Makanan Gratis

Selain hiburan, adapula pembagianmakanan gratis produk dari perusahaan startup milik Kaesang Pangarep yang tersebar di 2 lokasi. Yakni di depan Stadion Sriwedari dan di kawasan Ngarsopuro atau depan Mangkunegaran.

Menurut Erick, makanan yang bakal dibagikan diantaranya produk dari Sang Pisang, Yam Ayam Mangkokku, dan lainnya. Untuk di depan Stadion Sriwedari ada 8 tenda yang menyediakan 8 jenis makanan.

"Kalau di Ngarsopuro juga ada 8 tenda yang juga menyediakan berbagai jenis makanan. Untuk tiap tenda ada sekitar 1.000 makanan," jelasnya.

3. Libatkan Ratusan Penarik Becak dan Andong

Erick menegaskan, jika dirinya melibatkan 400 penarik becak dan 35 andong untuk gelaran ini.

Di mana, angkutan tradisional ini diikutsertakan dalam rangkaian kirab dari Loji Gandrung dan Pura Mangkunegaran. Para penarik becak dan andong berperan penting dalam membawa para tamu undangan yang datang.

4. Tradisi Bagelan

Salah satu acara adat yang tampak meriah ialah tradisi begalan. Pasalnya, warga lokal yang berada di sana mendapatkan perabot secara gratis. Prosesi satu ini dibuka dengan seseorang yang menarik diiringi musik sinden jawa.

Sementara itu, di tempat yang luas terdapat pikulan dengan berbagai jenis perabotan. Para warga di sekitar lokasi diperbolehkan mendekati pikulan tersebut. Setelah dipersilakan, warga boleh mengambil satuperabotan rumah tangga di  pikulan tersebut.

Dalam video siaran langsung di kanal Youtube Presiden Joko Widodo, terlihat warga langsung berebut perabotan yang ingin diambilnya. Ada beberapa warga yang mendapatkan panci, kuali, hingga berbagaiperabotan lainnya.

5. Bagi-bagi Suvenir Saat Kirab Pernikahan Kaesang-Erina

Saat kirab dari Loji Gandrung dan Pura Mangkunegaran, Jokowi tidak hanya menyapa masyarakat yang menunggu di sepanjang jalan, tapi juga membagikan suvenir pernikahan Kaesang dan Erina.

Orang nomor satu di Indonesia tersebut rupanya sudah menyiapkan beberapa suvenir di kereta yang ditumpanginya.

Jarak yang cukup jauh antara Jokowi dan masyarakat membuat souvenir tersebut tidak bisa diberikan secara langsung.

Alhasil ia meminta bantuan paspampres dan beberapa orang yang mengiring untuk membagikan suvenir tersebut pada masyarakat.

Editor


Komentar
Banner
Banner