Pemkab Tabalong

Awasi Pelaksanaan Gemas Mekar, Pemkab Gandeng Polres dan Kodim 1008/Tabalong

apahabar.com, TANJUNG – Pemerintah Kabupaten Tabalong melakukan kerjasama dengan Polres dan Kodim 1008/Tabalong untuk mengawasi pelaksanaan…

Featured-Image
Untuk mengawasi pelaksanaan Gemas Mekar, Pemkab Tabalong menggandeng Polres dan Kodim setempat. Foto-apahabar.com/M.Al-Amin.

bakabar.com, TANJUNG – Pemerintah Kabupaten Tabalong melakukan kerjasama dengan Polres dan Kodim 1008/Tabalong untuk mengawasi pelaksanaan program gerakan masyarakat meningkatkan mutu karet (Gemas Mekar) setempat.

Kerjasama diwujudkan dengan penandatanganan nota kesepahaman di puncak Harjad ke-56 Kabupaten Tabalong, Selasa (07/12) kemarin.

Bupati Tabalong, H Anang Syakhfiani mengatakan pengawasan pelaksanaan Gemas Mekar bertujuan untuk meningkatkan kualitas karet yang dihasilkan petani.

“Karet berkualitas baik tentu memiliki nilai jual yang lebih tinggi pula dibandingkan yang berkualitas rendah,” katanya.

Menurut Anang, selama 7 tahun dirinya diberi amanah sebagai bupati, pihaknya sudah sampai pada kesimpulan, jika ingin meningkatkan harga karet maka satu-satunya jalan kita harus meningkatkan kualitas karet yang dihasilkan oleh petani.

“Untuk itulah kami menggandeng Polres Tabalong dan Kodim/1008 untuk melakukan pengawasan pelaksanaan Gemas Mekar,” pungkasnya.

Sementara itu, Kapolres Tabalong AKBP Riza Muttaqin mengatakan, pihaknya bersama TNI akan membantu mengedukasi masyarakat terkait peningkatan kualitas karet yang tepat.

Selain itu pihaknya juga akan merangkul pengusaha atau pengepul karet agar dapat mendorong petani meningkatkan kualitas karet dengan cara tepat.

Para petani belum cukup memahami terkait dengan bagaimana peningkatan mutu karet itu.

“Untuk itulah kita akan mengedukasi mereka agar tidak salah lagi dalam mengembangkan mutu karet,” jelas Riza.

Polres Tabalong bersama-sama dengan Kodim 1008/Tabalong akan menugaskan Babinsa dan Bhabinkamtibmas yang ada di masing-masing wilayah dalam pengawasan pelaksanaan Gemas Mekar.

“Mereka juga akan menerima sosialisasi tentang peningkatan kualitas karet, sehingga dapat membantu petugas pertanian yang ada di lapangan,” pungkas AKBP Riza Muttaqin.



Komentar
Banner
Banner