Tak Berkategori

Awal Tahun Baru, Pasar Hanyar Sepi Pembeli

apahabar.com, BANJARMASIN – Awal tahun baru 2020, Pasar Hanyar di Komplek Sentar Antasari Banjarmasin sepi pengunjung….

Featured-Image
Pedagang sayuran dan ikan kering melayani pembeli meskipun sepi. Foto-apahabar.com/Eddy Andriyanto

bakabar.com, BANJARMASIN – Awal tahun baru 2020, Pasar Hanyar di Komplek Sentar Antasari Banjarmasin sepi pengunjung.

Bahkan di beberapa los jualan milik pedagang terlihat ditutup menggunakan terpal, mereka memilih tutup tidak berjualan.

"Hanya setengahnya saja pedagang yang memilih membuka kios dan menggelar dagangannya," kata Maimunah (43), salah seorang pedagang ikan kering yang ditemui bakabar.com di Pasar Hanyar, Rabu
(01/01) sore.

Munah, sapaannya, menyebutkan puluhan pedagang bumbu masakan dan perlengkapan memasak hampir semuanya menutup los dagangannya dan hanya belasan pedagang saja yang memilih membuka tempat usahanya.

“Mungkin karena pengaruh tahun baru mas,”ucapnya.

Menurutnya, banyak pedagang memilih menutup tempat usaha, karena pasar sepekan terakhir memang sangat sepi. Bahkan, saat menjelang hari raya Natal dan Tahun Baru pun penjualan tidak mengalami peningkatan.

"Bahkan sebelum Natal dan Tahun Baru pun, penjualan di Pasar Hanyar tetap sepi pembeli. Apalagi sekarang hari libur, banyak warga yang tulakan (pergi) ke pantai,” selorohnya.

Sementara itu, Ahmad Nafii, salah seorang pedagang Ikan kering dan sayuran lainnya mengaku tetap membuka tempat usahanya, meskipun belum tentu ada banyak pembeli.

"Saya tetap buka, meskipun liburan tahun baru, sebab siapa tahu masih ada saja pembeli yang membutuhkan ikan kering. Memang pembeli tidak ramai meskipun saat tahun baru, tetapi dalam seminggu ada saja pembeli," ujarnya.

Dirinya beralasan, ada satu atau dua pembeli yang datang berbelanja dan mereka langsung membeli sayuran untuk kebutuhannya sehari-hari.

"Lumayan ada satu-dua pembeli yang datang membeli sayuran dan ikan kering, katanya dia males jalan-jalan seperti kebanyakan orang. Dia memilih bemasakan dirumahnya,” aku pedagang asli Madura itu.

Sementara itu di kompleks pertokoan yang didominasi pedagang baju, hampir semua toko terlihat tutup meski ada satu dua yang tetap buka. Kompleks pertokoan di Sentra Antasari itu pun terlihat lengang, dan bekas-bekas sampah masih terlihat berserakan di sepanjang lorong yang biasanya setiap hari selalu ramai pembeli.

Baca Juga: Tahun Baru, Stok dan Harga Sembako di Tanbu Dijamin Aman

Baca Juga: Ekonomi Indonesia Tumbuh Stabil, Jokowi: Berkat Doa Ulama

Reporter: Eddy Andriyanto
Editor: Aprianoor



Komentar
Banner
Banner