Kecelakaan Kapal

Area Pencarian Tiga Penumpang KM Dewi Noor 1 yang Tenggelam Diperluas

Tim SAR gabungan terus melakukan pencarian terhadap tiga penumpang kapal KM Dewi Noor 01 yang tenggelam di perairan Kepulauan Seribu pada Minggu (20/8).

Featured-Image
Pencarian tim SAR gabungan korban KM Noor Dewi yang tenggelam di perairan Kepulauan Seribu, Minggu (20/8). Foto: istimewa

bakabar.com, JAKARTA - Tim SAR gabungan terus melakukan upaya pencarian terhadap tiga penumpang kapal KM Dewi Noor 01 yang tenggelam di perairan Kepulauan Seribu pada Minggu (20/8).

Kepala Kantor SAR Jakarta Fazli mengungkapkan sejak dinyatakan hilang, tim gabungan unsur SAR laut dari Basarnas, Polairud, TNI AL dan BPBD DKI serta SAR MTA terus melakukan pencarian terhadap tiga korban di sekitar titik lokasi kapal tenggelam.

"Sampai saat ini kita masih melakukan pencarian terhadap tiga orang penumpang yang belum ditemukan. Sampai saat ini pencarian masih belum menemukan korban tersebut," kata Fazzli saat di temui di Kantor SAR, Penjaringan, Minggu (20/8).

Fazzli menjelaskan, pencarian hari kedua dilakukan dengan memperluas area pencarian hingga 150 nautical mile. Dalam proses pencarian, pihaknya berkoordinasi dengan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) untuk mengetahui kondisi cuaca terkini.

"Kemudian pencarian difokuskan di titik awal lokasi kejadian kemudian dihitung berdasarkan cuaca dari BMKG pada hari ini," ujarnya.

Fazzli memastikan saat melakukan pencarian, petugas tidak menemukan hambatan apa pun baik di atas air maupun di dalam. Namun demikian, dirinya menduga telah terjadi pergeseran lokasi korban setelah kecelakaan, seiring pergerakan arus laut.

"Tentu namanya pencarian di laut dari titik awal lokasi kejadian ada pergeseran berdasarkan dengan cuaca. Sehingga kita harus melakukan pencarian di beberapa sektor. Kita juga sudah melibatkan para nelayan dan kapal-kapal yang melintas di wilayah perairan teluk Jakarta," paparnya.

Sebelumnya dikabarkan, kapal bermuatan bahan material bangunan mengalami kecelakaan pada pukul 04.40 WIB di Perairan Kepulauan Seribu, DKI Jakarta pada Sabtu (19/8). Tiga orang dilaporkan hilang dan dilakukan pencarian oleh Tim SAR.

Menurut Kepala Kantor SAR Jakarta Fazzli, kapal KM Dewi Noor I yang berpenumpang 15 orang itu melakukan perjalanan dari Pantai Mutiara menuju Pulau Sepa (Kepulauan Seribu).

Editor
Komentar
Banner
Banner