Kalsel

Api Mengamuk di Alalak Selatan, Kerugian Ditaksir Ratusan Juta

apahabar.com, BANJARMASIN – Kebakaran kembali menghanguskan puluhan rumah di permukiman padat Jalan Alalak Selatan RT 04…

Featured-Image
puing-puing yang tersisa dari peristiwa kebakaran di Alalak Selatan. Foto-apahabar.com/Eddy Andriyanto

bakabar.com, BANJARMASIN – Kebakaran kembali menghanguskan puluhan rumah di permukiman padat Jalan Alalak Selatan RT 04 dan RT 05, Kecamatan Banjarmasin Utara, Selasa (10/9) dini hari. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini namun kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

Informasi dihimpun, kobaran api membubung tinggi membakar rumah warga di kawasan padat penduduk di Jalan Alalak Selatan, Kecamatan Banjarmasin Utara sekitar pukul 03.30 Wita.

Jarak yang cukup dekat antara rumah yang satu dengan lainnya ditambah bangunan yang rata-rata terbuat dari bahan kayu dan angin yang berhembus kencang, membuat api sulit dikendalikan. Tak ayal, puluhan rumah warga dengan mudah dilalap api.

Petugas pemadam kebakaran pun sempat kewalahan melakukan pemadaman karena kesulitan mencari sumber mata air. Selain itu, lokasinya berada di gang sempit. Upaya pemadaman pun terpaksa dilakukan dengan cara estafet atau menyambungkan selang dari mobil pemadam.

“Awalnya jam 03.30 (Wita) api mulai tinggi. Api diduga datang dari salah satu rumah kosong di RT 04. Kami tidak tahu apa penyebab kebakaran ini," kata Ketua RT 05, Musliani kepada bakabar.com di lokasi.

Api benar benar baru dapat dijinakkan petugas pemadam selang satu jam kemudian. Sejumlah relawan pemadam masih melanjutkan melakukan pendinginan di lokasi guna menghindari kebakaran terus meluas.

Semua pihak dari pemerintah kota Banjarmasin, kepolisian, dan BPBD Kota Banjarmasin masih berada di tempat kejadian untuk membantu para korban. Penyebab pasti kebakaran kini masih dalam penyelidikan petugas dengan meminta keterangan dari sejumlah saksi.

Baca Juga:Sehari, Empat Kebakaran Lahan Landa Ibu Kota Baru

Baca Juga:Belum Terungkap, Misteri Kebakaran Kontainer di Pelabuhan Trisakti

Baca Juga:Kebakaran di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin, Kontainer Ludes Diamuk Api

Reporter : Eddy Andriyanto
Editor: Muhammad Bulkini



Komentar
Banner
Banner