Kalsel

Antusias, Ratusan Peserta Meriahkan Lomba Balogo HUT PDIP ke 47 di Tanbu

apahabar.com, BATULICIN – Sebanyak 306 peserta ikut memeriahkan Lomba Balogo yang diselenggarakan Dewan Perwakilan Cabang (DPC)…

Featured-Image
Lomba ‘Balogo’ meriahkan HUT PDI Perjuangan ke-47 di Tanah Bumbu. Foto-apahabar.com/Syahriadi

bakabar.com, BATULICIN – Sebanyak 306 peserta ikut memeriahkan Lomba Balogo yang diselenggarakan Dewan Perwakilan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-Perjuangan) Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu).

Semua peserta tersebut terbagi menjadi 102 tim. Selain Tanah Bumbu, juga ada perwakilan dari kabupaten-kabupaten lain di Kalsel, yakni Hulu Sungai Selatan, Balangan, Tapin, Banjar, Tanah Lauta dan Kotabaru. Dan ada juga yang berasal dari Kaltim.

Lomba yang digelar dalam rangka memeriahkan HUT PDI-Perjuangan ke-47 ini dilaksanakan di Taman Edukasi Park Pasar Minggu, Kecamatan Simpang Empat, Sabtu (25/1).

“Pesertanya yang ikut 102 tim. Mereka ada juga yang berasal dari luar Kalsel, yakni Kaltim,” ujar Panitia Pelaksana, Jayadi kepada bakabar.com.

Jayadi mengatakan lomba balogo ini tidak hanya untuk lokal Tanah Bumbu saja, melainkan untuk regional kalimantan (seluruh kalimantan).

Baca Juga:Syafruddin: HUT PDIP Bukan Arena Kampanye Caleg

“Antusiasme para peserta baik lokal maupun luar daerah terlihat sekali, buktinya mereka rela jauh-jauh datang untuk lomba ini,” terangnya.

Ketua DPC PDI-Perjuangan Tanah Bumbu, Saipul Rahman, menambahkan kegiatan lomba balogo ini merupakan salah satu upaya mengangkat dan melestarikan seni adat budaya tradisional daerah.

“Memeriahkan HUT PDIP di Tanah Bumbu, acaranya bukan hanya balogo. Masih banyak acara lain di antaranya parade seni musik adat budaya, kuda lumping, reog ponorogo, jaran-jaran, madihin, tari suku adat dan lainnya,” beber Saipul.

Saipul berharap dengan digelarnya berbagai seni dan permainan daerah, akan dapat dan lebih menghidupkan lagi kesenian-kesenian tersebut.

“Sebagian anak-anak zaman sekarang sudah banyak yang tidak mengetahuinya. Untuk itu, maka kita angkat dan pertontonkan ke khalayak luas supaya lebih diketahui,” terangnya.

Baca Juga:Ribuan Masyarakat Meriahkan HUT PDIP

Reporter: Syahriadi
Editor: Ahmad Zainal Muttaqin



Komentar
Banner
Banner