Kalsel

Antisipasi Banjir! Ibnu Sina Rangkul BPK se Banjarmasin, Bersihkan Sungai Hingga Drainase

apahabar.com, BANJARMASIN – Curah hujan yang tinggi melanda Banjarmasin belakangan ini. Peran serta masyarakat, relawan BPK…

Featured-Image
Banjarmasin saat dilanda banjir beberapa waktu lalu. Foto¬¬-dok/apahabar.com

bakabar.com, BANJARMASIN – Curah hujan yang tinggi melanda Banjarmasin belakangan ini. Peran serta masyarakat, relawan BPK dan Balakar kian dibutuhkan untuk mengantisipasi musibah banjir.

Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina menerangkan, untuk menghalau banjir, pihaknya melibatkan Satgas kebersihan di wilayah BPK untuk melakukan aksi bersih-bersih sungai.

“Semua yang berkaitan akan kita arahkan untuk sama-sama melakukan normalisasi, nanti puncaknya akan ada di beberapa titik dilakukan bersama-sama juga,” ujarnya.

Ia menyebutkan telah menginstruksikan seluruh pihak terkait penanganan kebersihan di saluran air atau drainase.

Salah satunya adalah bidang sungai dan drainase, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Banjarmasin.

Ibnu menjelaskan bahwa aksi bersih-bersih sungai maupun drainase ini akan dilakukan di lima kecamatan di ibukota provinsi Kalsel.

“Nanti akan dikoordinir juga oleh kecamatan masing-masing. Dan rencananya akan dilakukan pada dua kali Jumat atau akhir pekan,” katanya.

Ibnu berharap dengan seluruh upaya tersebut nantinya semua saluran air yang ada di Banjarmasin bisa berfungsi dengan baik.

Adapun puncak pembersihan saluran dilakukan sebelum hari jadi Banjarmasin, yakni 25 September di dua lokasi, Sungai A Yani dan Sungai Veteran.

“Jangan sampai ada yang tersumbat, agar saat hujan dan pasang semua berjalan lancar hingga tidak tergenang," katanya.



Komentar
Banner
Banner