Pemkab Tabalong

Anak-Anak Kasiau Raya Tabalong Semringah Lihat Alat Berat TMMD ke-121 untuk Bangun Desa

Mulai Rabu (24/7) kemarin program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-121 di Kabupaten Tabalong resmi dimulai.

Featured-Image
Keberadaan alat berat untuk membuat jalan di program TMMD ke-121 di Tabalong menjadi perhatian anak-anak setempat. Foto - Kodim 1008/Tabalong

bakabar.com, TANJUNG - Mulai Rabu (24/7) kemarin program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-121 di Kabupaten Tabalong resmi dimulai.

Sejak hari itu pula pengerjaan fisik berupa pembangunan jalan penghubung Desa Kasiau Raya dengan Desa Kasiau, Kecamatan Murung Pudak, Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan digenjot oleh prajurit bersinergi dengan warga.

Alat berat untuk mendukung pembuatan jalan yang juga menghubungkan dengan jalan nasional juga telah didatangkan.

Keberadaan Prajurit TNI maupun alat berat tersebut sontak menjadi perhatian anak-anak di Kasiau Raya.

Senyum bahagiapun terpancar dari raut muka mereka melihat keberadaan alat berat dan para prajurit bekerja membangun jalan untuk kebutuhan mereka.

Dengan senang dan bersemangat mereka memperhatikan alat berat yang sedang beroperasi membuka jalan.

"Nanti jalan kita akan lebih lebar dan nyaman dilewati tidak hanya menggunakan sepeda motor tetapi juga mobil," celetok Rian kepada temannya, Kamis (25/7).

"Nanti jalan ini juga bisa digunakan orang tua kita mengangkut hasil kebun dan pertanian," sambung Ridwan.

Sementara itu, keberadaan alat berat sangat dibutuhkan untuk membuka jalan sepanjang 2.400 meter dengan lebar 6 meter.

"Dengan adanya dukungan alat berat ini bisa mengurangi pekerjaan personil, dan mereka bisa diarahkan untuk mengerjakan sasaran fisik yang lain," kata Pasi Ter Kodim 1008/Tabalong, Kapten Inf Fendri Riyanto.

Selama 1 bulan ke depan sasaran fisik berupa pembuatan jalan dan sasaran fisik tambahan seperti rehab 1 masjid, rehab 1  poskamling, rehab 3 rumah tidak layak huni, pembuatan mandi cuci kakus, pembuatan sumur bor di 3 titik, ketahanan pangan dan penanaman pohon sudah harus selesai.

"Juga pengerjaan non fisik seperti penyuluhan kesehatan, wawasan kebangsaan, bela negara, keluarga berencana, stunting dan juga sosialisasi bersama polri di desa- desa juga sudah dilaksanakan," terang Fendri.

"Jadi untuk mempercepat pengerjaan dan mengoptimalkan pengerjaan lainnya kita atur strategi agar semuanya berjalan sesuai dengan harapan dan semua sasaran tercapai 100 persen sebelum penutupan TMMD"tandasnya.

Sebelumnya, Pj Bupati Tabalong Hj Hamida Munawarah mengatakan program TMMD telah banyak memberikan banyak sekali manfaat bagi kesejahteraan masyarakat," sebutnya.

Menurut Hamida, berdasarkan hasil evaluasi, program TMMD ini sangat besar manfaatnya dalam rangka percepatan pembangunan baik fisik maupun non fisik yang sekaligus juga memberikan dampak sangat positif bagi peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat 

"Untuk itulah saya menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh jajaran TNI, yang telah bekerja keras dan berkomitmen dalam melaksanakan kegiatan TMMD ini," ucapnya.

"Saya juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh aparat pemerintah dan masyarakat yang telah mendukung pelaksanaan TMMD di Kabupaten Tabalong," sambung Hamida.

Hamida berharap kegiatan TMMD Ke-121 ini dapat berjalan dengan lancar dan sukses. 

"Semoga hasil dari kegiatan ini dapat dirasakan manfaatnya oleh seluruh masyarakat, khususnya masyarakat di Desa Kasiau dan Desa Kasiau Raya," pungkasnya.

Baca Juga: TMMD ke-121, Kodim 1008/Tabalong Lakukan Pembangunan Jalan Ribuan Meter

Editor


Komentar
Banner
Banner