Kalsel

Amankan Pilkada, Polda Kalsel Dibantu 2 Kompi Brimob Kalteng

apahabar.com, BANJARMASIN – Pemungutan suara di Pilkada Kalsel 2020 tinggal menghitung hari. Jadwalnya dilaksanakan Rabu 9…

Featured-Image
Kalpoda Kalsel Irjen Pol Rikwanto didampingi Danrem 101/Antasari Brigjen TNI Firmansyah. Foto-apahabar.com/Moh Syahbani

bakabar.com, BANJARMASIN – Pemungutan suara di Pilkada Kalsel 2020 tinggal menghitung hari. Jadwalnya dilaksanakan Rabu 9 Desember nanti.

Terkait pengamanan Pilkada itu, Polda Kalsel telah merapatkan barisan. Apel pergeseran pasukan digelar di Mapolda Kalsel, Sabtu (5/12).

Sebanyak 1.438 personel disiapkan untuk mengamankan pelaksanaan pesta demokrasi kali ini. Agar berjalan lancar aman dan damai.

Belum cukup, sebanyak 200 personel Brimob Polda Kalteng turut diperbantukan untuk pengamanan Pilkada 2020 di 7 kabupaten kota di Kalsel.

“Memang kita minta, dan dikasih dua kompi dari Polda Kalteng,” ujar Kapolda Kalsel, Irjen Pol Rikwanto usai apel.

Rikwanto menjelaskan, bahwa penambahan personel Brimob dari Polda Kalteng tersebut sengaja dimita. Menyusul ada arahan dari Mabes Polri.

“Dari mabes polri meminta keseluruhan Kapolda mana yang perlu backup tambahan pasukan. Yang berkaitan pilkada,” bebernya.

Personel tambahan dari Polda Kalteng ini juga turut disebar di polres-polres. Dan sebagian lagi disiapkan jika sewaktu-waktu ada wilayah yang memerlukan tambahan personel.

“Termasuk TNI juga disiapkan jika sewaktu-waktu terjadi gejolak. Tapi saya berharap semua aman damai kondusif,” harapnya.

Ribuan personel kepolisian ini bakal disebar ke polres-polres yang di wilayahnya melaksanakan. Di Kalsel ada 7 kabupaten/kota yang melaksanakan Pilkada 2020 ini.

“Ini akan dilakukan pergeseran pasukan ke polres-polres jajaran untuk mengamankan pemungutan suara. Pemungutan suara dilakukan 9.669 TPS di seluruh Kalsel,” imbuh Rikwanto.

Para personel ini bertugas tak hanya dalam hal pengaman pelaksanaan. Namun dalam prakteknya mereka juga bisa membantu untuk hal lain yang berkaitan dengan pelaksanaan Pilkada.

“Di lapangan tak hanya pengamanan. Tapi juga membantu distribusi politik. Membantu masyarakat, KPU, Bawaslu dan lainnya. Jadi di sini apaun dilakukan, selama berkaitan dengan Pilkda dan mengamankannya,” jelasnya.

Lebih jauh, para personel dari kepolisian yang diterjunkan ini juga sudah melakukan pemeriksaan rapid test. Tujuannya tak lain guna memastikan bahwa yang bersangkutan terbebas dari Covid-19.

“Selain itu dilengkapi juga dengan APD. Dari Hazmat sampai obat-obatan dan vitamin,” katanya.

img

Apel pesiapan pengamanan Pilkada Kalsel di Polda Kalsel, Sabtu (5/12). Foto-bakabar.com/Moh Syahbani



Komentar
Banner
Banner