Debat Capres

Alasan Ganjar Beri Nilai 5 ke Menhan Prabowo Saat Ditanya Anies

Capres 03 Ganjar Pranowo mengungkapkan alasannya memberi nilai 5 ke Capres 02 sekaligus Menhan Prabowo Subianto.

Featured-Image
Capres nomor urut tiga Ganjar Pranowo (kanan). Foto: Antara

bakabar.com, JAKARTA - Capres 03 Ganjar Pranowo mengungkapkan alasannya memberi nilai 5 ke Capres 02 sekaligus Menhan Prabowo Subianto. 

"Ya karena targetnya tidak tercapai," ujar Ganjar di Cilacap, Jawa Tengah, Selasa (9/1) dikutip bakabar.com dari Antara.

Selain itu, Prabowo juga belum memiliki buku putih pertahanan. Buku Putih ini merupakan amanat Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2002 tentang Pertahanan Negara. Pasal 16 ayat 4 menjelaskan "buku putih pertahanan" adalah pernyataan kebijakan pertahanan secara menyeluruh.

Baca Juga: 'Omon-Omon' Plesetan atau Ancaman Prabowo untuk Anies?

Yang diterbitkan oleh menteri dan disebarluaskan ke masyarakat umum, baik domestik maupun internasional, untuk menciptakan saling percaya dan meniadakan potensi konflik.

"Kemudian skor-skor dari data dunia yang kemarin saya tampilkan itu menunjukkan kondisi yang menurun," katanya.

Sebelumnya pada debat ketiga Pilpres 2024 di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (7/1) malam, Ganjar Pranowo memberikan nilai 5 ke Prabowo.

"Lima juga," kata Ganjar.

Baca Juga: 'Omon-Omon,' Plesetan Prabowo di Debat Capres yang Jadi Viral di Medsos

Ganjar menyampaikan hal itu ketika menjawab pertanyaan dari Capes 01 Anies Baswedan mengenai penilaiannya terhadap kinerja Kementerian Pertahanan.

Ganjar mengklaim memiliki data terkait dengan kinerja Kementerian Pertahanan itu sehingga bisa memberikan nilai 5. Namun, dalam debat itu, Ganjar tidak menyampaikan secara lebih lanjut data tersebut.

Mendengar penilaian tersebut, Anies menyebut Ganjar memberikan nilai yang terlalu tinggi. Seharusnya, skor kinerja Kementerian Pertahanan adalah di bawah 5 karena kesejahteraan anggota TNI dan polisi masih tidak dipikirkan dengan serius oleh Kementerian Pertahanan.

Baca Juga: [ANALISIS] Siapa Pemenang Debat Ketiga Capres?

"Menurut saya, skornya di bawah lima, Mas Ganjar. Lima itu ketinggian," kata Anies.

Ganjar lantas meminta Anies memberikan nilai yang spesifik, tidak sekadar menyebutkan di bawah 5.

Anies lantas menjawab akan memberikan nilai 11 dari 100. Sebelumnya KPU RI kembali menggelar debat capres-cawapres. Debat ketiga membahas soal pertahanan.

Editor


Komentar
Banner
Banner