Debat Capres

'Omon-Omon,' Plesetan Prabowo di Debat Capres yang Jadi Viral di Medsos

Paslon nomor urut 2, Prabowo Subianto, kembali bikin trending dalam Debat Capres. Ia menyebut omon-omon sebagai plesetan omong-omong.

Featured-Image
Capres nomor urut dua Prabowo Subianto menyampaikan visi misinya dalam debat cawapres. Foto: ANTARA

bakabar.com, JAKARTA - Paslon nomor urut 2, Prabowo Subianto, kembali bikin trending dalam Debat Capres yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Minggu malam (7/1). Dalam debat tersebut Prabowo berkali-kali mengeluarkan kata 'Omon-omon" ketika menjawab pertanyaan Anies Baswedan.

Omon omon yang berkali-kali disebut Prabowo adalah plesetan dari omong-omong. Ia menyebutkan itu berulang kali untuk menegaskan bahwa tak bisa menjalankan negara hanya bermodal omong-omong saja.

Awal mengeluarkan kata omon omon adalah ketika Prabowo menanggapi pernyataan Anies Baswedan soal leadership Indonesia di mata dunia. Menurut Prabowo, Indonesia yang mampu membangun negara dengan baik kini menjadi contoh bagi negara-negara Afrika.

Namun Anies mengatakan, meski membangun dengan baik tidak serta merta Indonesia akan menjadi contoh. Prabowo lalu menanggapi pernyataan itu.

"Jadi, leadership apakah negara, apakah perorangan, tapi terutama juga negara, harus dengan contoh. Ing Ngarso Sung Tulodo. Kita mau mimpin, kita mau bawa agenda, kita mau cerita itu cerita, omon, omon-omon. Tak bisa," ujar Prabowo dalam debat capres pada Minggu malam (7/1) di Jakarta.

Baca Juga: Jacket Bomber Pasangan Ganjar-Mahfud di Debat Capres ke-3

Kata omon omon kembali dikeluarkan Prabowo ketika Anies menyoroti anggaran Kemenhan yang saat ini banyak dialokasikan untuk membeli alutsista bekas dari negara lain. Menurut Anies, hal tersebut tidak produktif.

Prabowo lalu menjawab dengan mengatakan Anies tak paham soal pertahanan karena banyak negara yang juga membeli pesawat bekas. Prabowo bahkan mengatakan, di zaman Soekarno juga membeli pesawat tempur bekas. Prabowo menjelaskan, kriteria membeli alutsista bekas adalah yang masih layak pakai dan usianya masih muda.

"Kalau benar masuk akal saya setuju, kalau omon omon ya kumaha?" ucap Prabowo.

Kata omon-omon juga disampaikan Prabowo ketika menegaskan mengapa banyak negara saat ini mau melihat pertumbuhan Indonesia.

"Kenapa negara-negara selatan sekarang melihat ke Indonesia? Karena kita berhasil membangun ekonomi kita. Jadi, tidak hanya omon-omon-omon. Kerjanya omon saja. Enggak bisa. Tidak bisa. Ing Ngarso Sung Tulodo," ujar Prabowo.

Kata omon omon tersebut lalu menjadi trending di media sosial sejak malam sampai siang ini. Laman media sosial dipenuhi dengan komentar omon-omon-omon.

Editor


Komentar
Banner
Banner