Nasional

Alasan DPR Kebut Pemilihan Kapolri

apahabar.com, JAKARTA – DPR RI bakal mengebut proses pemilihan Kapolri. Sejauh ini, Idham Azis digadang kuat…

Featured-Image
Calon Kapolri Idham Azis bersama istri. Foto-Detikcom.

bakabar.com, JAKARTA – DPR RI bakal mengebut proses pemilihan Kapolri. Sejauh ini, Idham Azis digadang kuat menggantikan Tito Karnavian yang ditunjuk menjadi menteri oleh Presiden Jokowi.

Wakil Ketua Komisi III DPR RI Desmond Junaidi Mahesa mengatakan Ari Dono Sukmanto tidak lama lagi akan memasuki masa pensiun. Adi menjabat sebagai Pelaksana Tugas Kapolri.

“Karena persoalan kekosongan jabatan Kapolri karena Pak Wakapolri mau pensiun bulan Desember ini,” kata Desmond usai menyambangi kediaman Idham Azis di kawasan Panglima Polim, Jakarta Selatan, Rabu, dikutip bakabar.com dari Antara.

Idham Azis yang saat ini menjabat Kabareskrim menjadi calon tunggal Kapolri.

Presiden Jokowi telah melayangkan surat ke DPR yang berisi usulan agar posisi jabatan Kapolri diduduki oleh pria berpangkat Komisaris Jenderal itu.

Secara pribadi, Desmond menilai Idham pantas terpilih menjadi Kapolri. Hal ini didasarkan kinerja Idham saat menjabat sebagai Kapolda Metro Jaya.

“Kami mengukur beliau sebagai kapolda, tidak ada masalah,” katanya.

Karakter Idham pun dinilainya baik. “Orangnya humble, masalah plus minus, susah menilainya kalau kita berkawan,” katanya.

Dalam kunjungannya, DPR juga melontarkan pertanyaan tentang peran istri sang calon Kapolri.

“Hal-hal yang kami tanyakan dan kami beri masukan adalah sebagian besar menyangkut masalah-masalah hal-hal yang soal kehidupan pribadi,” kata Ketua Komisi III DPR Herman Hery di lokasi yang sama, dikutip dari Detikcom.

Kunjungan Komisi III DPR RI ke kediaman Idham Azis bagian dari rangkaian uji kelayakan dan kepatutan yang harus dijalani calon Kapolri.

Komisi III DPR pun meminta masyarakat untuk turut memberi masukan bila memiliki catatan tertentu mengenai Idham Azis.

Setelah agenda kunjungan ini, pada Rabu siang ini dijadwalkan uji kelayakan dan kepatutan di Ruang Rapat Komisi III DPR RI.

Baca Juga: DPR Segera Gelar Uji Kelayakan Calon Kapolri Idham Azis

Baca Juga: Jokowi Minta Kapolri Pengganti Tito Selesaikan Kasus Novel

Baca Juga: Melihat Sepak Terjang Idham Azis yang Ditunjuk Jadi Kapolri

Baca Juga:Presiden Jokowi Ajukan Idham Azis Jadi Kapolri

Editor: Fariz Fadhillah



Komentar
Banner
Banner