Kalsel

Aksi Unjuk Rasa di Pengadilan Tipikor Banjarmasin, Puluhan Personil Polisi Diturunkan

apahabar.com, BANJARMASIN – Sebanyak 10 orang melakukan unjuk rasa di depan Kantor Pengadilan Tindak Pidana Korupsi…

Featured-Image
Puluhan polisi diturunkan untuk mengamankan jalannya unjuk rasa di depan pengadilan tipikor Banjarmasin, Selasa (11/2) siang.

bakabar.com, BANJARMASIN – Sebanyak 10 orang melakukan unjuk rasa di depan Kantor Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Korupsi), Jalan Tembus Pramuka, Kecamatan Banjarmasin Timur, Selasa (11/2) siang. Dipimpin oleh Ali Akbar, unjuk rasa digelar terkait kasus proyek revitalisasi Pasar Rakyat Sukorame, Desa Tegal Rejo, Kabupaten Kotabaru.

Adapun tuntutan mereka adalah meminta kepada pihak Pengadilan Tipikor untuk berani jujur dan adil dalam memutus perkara yang menyangkut nasib direktur kontraktor pelaksana dalam proyek pembangunan revitalisasi pasar yang menggunakan dana APBN tahun 2017.Selanjutnya, memohon agar Direktur Kontraktor Pelaksana, Sukirno Prasetyo, dinyatakan tidak terbukti bersalah atas dakwaan korupsi oleh Jaksa Penuntut Umum.

Sukirno Prasetyo sendiri adalah tersangka dari kasus korupsi pembangunan Pasar Pelita Hilir, Puruk Cahu Kabupaten Murung Raya, Kalimantan Tengah selama 3 tahun anggaran 2010, 2011, 2012. Dia juga menjadi terdakwa kasus korupsi proyek revitalisasi Pasar Rakyat Sukorame, Desa Tegal Rejo, Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan tahun anggaran 2017.

Sementara itu, Ketua Majelis Hakim, Teguh Santoso, SH. menyampaikan bahwa pelaksanaan sidang sudah sesuai dengan ketentuan yang berlaku terkait bukti dan semua fakta yang terungkap di persidangan.

“Apabila nantinya saudara Sukirno Prasetyo tidak terima terhadap putusan agar bisa melakukan upaya hukum yang ada,” tegasnya.

Puluhan Personil Polisi Diterjunkan

Untuk mengamankan aksi penyampaian aspirasi tersebut, Polresta Banjarmasin menerjunkan puluhan personilnya.

“Ada 81 personil yang kita libatkan,” kata Kapolresta Banjarmasin, Kombes Sumarto melalui Kapolsek Banjarmasin Timur, Kompol Uskiansyah yang memimpin langsung giat pengamanan.

Kapolsek mengatakan, polisi hadir dalam rangka memberikan rasa aman kepada masyarakat sekitar dan objek yang menjadi sasaran penyampaian aspirasi serta para peserta aksi yang terlibat didalamnya.

“Selama kegiatan yang dimulai pukul 09.00 WITA sampai dengan 09.30 WITA tersebut berlangsung aman, tertib dan terkendali,” pungkasnya.

Baca Juga: Terjunkan Ratusan Personel, Kapolres: Unjuk Rasa Depan DPRD Kalsel Aman

Baca juga:Aksi Simpatik Polisi Warnai Unjuk Rasa di DPRD Kalsel

Reporter: Riyad Dhafi R
Editor: Muhammad Bulkini



Komentar
Banner
Banner