Tak Berkategori

Akhirnya Warga Kecamatan Sungai Raya Bisa Menikmati Air Bersih

apahabar.com, KANDANGAN – Instalasi Pengolahan Air (IPA) di Desa Paharuangan Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Hulu Sungai…

Featured-Image
Instalasi Pengolahan Air (IPA) di Desa Paharuangan, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Hulu Sungai Selatan sudah mulai beroperasi sejak Kamis, (2/7). Foto-Istimewa

bakabar.com, KANDANGAN – Instalasi Pengolahan Air (IPA) di Desa Paharuangan Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Hulu Sungai Selatan mulai beroperasi sejak Kamis, (2/7).

IPA yang menjadi bagian dari Unit IKK Sungai Raya PDAM HSS bisa memproduksi 50 liter air per detik.

Bupati HSS, H Achmad Fikry menjelaskan bahwa anggaran pembangunan IPA Unit Sungai Raya ini berasal dari APBD, DAK, dan bantuan BWS.

Ia menilai air dari sumber yang digunakan IPA ini sudah cukup bersih, sehingga biaya produksinya berkurang.
Sementara jika dari unit Muara Banta, karena pengambilan sumbernya dari Sungai Amandit yang keruh, maka biaya produksinya lebih tinggi.

“Mudah-mudahan ini menjadi bagian dari upaya kita untuk memberikan pelayanan air bersih kepada pelanggan PDAM di HSS serta tidak mustahil dengan adanya IPA Unit Sungai Raya ini kita memperluas jaringan distribusi ke wilayah Tapin. Hal ini mengingat wilayah Sungai Raya ini berbatasan langsung dengan Tapin,” ujarnya.

Sebenarnya, kapasitas pompa yang digunakan mencapai 300 liter per detik. Namun untuk saat ini unit IPA akan membatasi kapasitas di 50 liter per detik.

"Ini kan kapasitasnya 300 liter per detik. Namun yang baru kita gunakan hanya 50 liter per detik. Dengan adanya penguatan kedepannya, insyaallah distribusi air untuk wilayah Kandangan juga akan berasal dari unit ini,” ungkapnya.

Editor: Puja Mandela



Komentar
Banner
Banner