Sport

Akhirnya Bonus Atlet Kalsel Peraih Medali PON dan Peparnas Cair, Segini Besarannya

apahabar.com, MARTAPURA – Setelah beberapa bulan menunggu, bonus atlet maupun pelatih Kalimantaan Selatan peraih medali PON…

Featured-Image
Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor, menyerahkan bonus kepada salah seorang asisten pelatih berprestasi di Peparnas XVI Papua 2020. Foto: apahabar.com/Syaiful Riki

bakabar.com, MARTAPURA – Setelah beberapa bulan menunggu, bonus atlet maupun pelatih Kalimantaan Selatan peraih medali PON XX dan Peparnas XVI Papua 2020 akhirnya dicairkan.

Penyerahan dilakukan Gubernur Sahbirin Noor di Kiram Park, Senin (7/2). Adapun total bonus yang diserahkan berjumlah Rp49 miliar.

“Pemberian bonus ini merupakan apresiasi dari Pemprov Kalsel kepada atlet berprestasi dan sudah mengharumkan banua,” papar Sahbirin.

Kendati berbeda kompetisi, besaran bonus yang diraih atlet berprestasi PON atau Peparnas disetarakan.

Atlet peraih emas mendapatkan Rp300 juta per orang. Sementara untuk beregu atau tim, berhak memperoleh Rp350 juta.

Sedangkan atlet peraih perak diguyur bonus sebesar Rp 150 juta untuk perorangan, dan Rp200 juta untuk beregu.

Kemudian atlet perorangan yang menyumbangkan perunggu mendapatkan Rp75 juta, dan beregu Rp100 juta.

Tidak hanya atlet, bonus juga diberikan untuk pelatih sebesar 50 persen dari perolehan medali atlet. Sementara asisten pelatih mendapatkan 25 persen.

“Selanjutnya kami berharap bonus ini dapat menjadi suntikan semangat untuk terus menorehkan prestasi di event-event olahraga, baik tingkat nasional maupun internasional,” harap Sahbirin.

“Kalau sekarang berhasil meraih 4 emas, event berikutnya memperoleh 8 emas. Sekarang 41 emas, berikutnya 82 emas. Kalau sekarang meraih perak, selanjutnya bisa raih emas,” tegasnya.

Kalsel sendiri meraih 4 emas, 9 perak dan 12 perunggu di PON XX. Capaian ini menurun dibanding PON 2016 di Jawa Barat dengan perolehan 9 emas, 10 perak dan 18 perunggu.

Sedangkan di Peparnas XVI, Kalsel mencatatkan prestasi sensasional, lantaran mampu menembus jajaran empat besar.

Kalsel yang semula hanya menargetkan 35 emas, berhasil melesat dengan perolehan total 41 emas, 42 perak dan 43 perunggu.

“Dibandingkan bonus emas PON dan Peparnas sebelumnya, terjadi peningkatan besaran dari Rp200 juta menjadi Rp300 juta,” tambah Hermansyah, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kalsel.

“Itu adalah sebuah penghargaan yang luar biasa dari Gubenur. Semoga semua yang sudah diberikan menjadi berkah dan prestasi olahraga Kalsel juga meningkat,” tandasnya.

Peparnas XVI Papua 2021 Ditutup, Kalsel Lampaui Target Emas



Komentar
Banner
Banner